Amerika Kenakan Tarif Tambahan 10% untuk Produk China, Begini Reaksi Sri Mulyani

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 02 20 2086853 amerika-kenakan-tarif-tambahan-10-untuk-produk-china-begini-reaksi-sri-mulyani-MCQVJdGuFW.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Taufik/Okezone

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan kembali mengenakan tarif tambahan 10% terhadap impor barang asal China senilai USD300 miliar mulai 1 September.

 Baca Juga: Trump Kenakan Tarif Tambahan 10% untuk Barang China Senilai USD300 Miliar

Terkait hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa ketidakpastian ini akan terus terjadi, apabila first skenario mengenai kondisi perang dagang AS dan China itu sudah masuk dalam perhitungan pelemahan ekonomi tahun ini. Di mana perekonomian dunia akan turun sampai 0,5%.

"Jadi seluruh negara-negara itu akan mengalami adjusment karena tantangan untuk eksternal balance mereka akan berubah terutama dari eskpor dan impor. Kita juga melihat tekanan terhadap perdagangan internasional juga sudah terlihat di dalam kinerja eskpor kita," ujar dia di Menara Kadin Jakarta, Jumat (2/8/2019).

 Baca Juga: Pembicaraan Perdagangan AS-China Akan Berlanjut September

Maka itu, lanjut dia, pihaknya akan tetap fokus kepada bagaimana faktor domestik faktor bisa mengimbangi pelemahan itu. Pasalnya waktu pertemuan G20 di Osaka, dirinya berharap akan terjadi kesepakatan. Namun tanda-tandanya agak kurang menggembirakan.

"Jadi kita juga akan harus terus waspada terhadap kemungkinan terjadinya perang dagang yang eskalasinya memang sudah disampaikan satu tahu terakhir," tutur dia.

 Perang Dagang

(dni.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini