Peran Jokowi di Balik 'Transfer' Sri Mulyani dari World Bank

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 03:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 02 20 2087016 peran-jokowi-di-balik-transfer-sri-mulyani-dari-world-bank-ipls9Iysdc.jpg Foto: Jokowi dan Sri Mulyani (Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya buka rahasia memilih menjadi Menteri Keuangan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan meninggalkan jabatan Managing Director di World Bank.

Salah satu alasan dirinya bersedia menjadi kembali Menteri Keuangan pada pemerintahan Jokowi-JK, karena Presiden Jokowi bilang ingin membangun Indonesia berkadilan. Di mana hal tersebut merupakan cita-cita yang mulia.

"Jadi, saat saya melakukan kunjungan kerja di Indonesia dan saya masih bekerja di Bank Dunia. Saya tidak boleh pulang ke Amerika Serikat oleh Presiden Jokowi. Pak Jokowi sedang mengumumkan reshuffle dan saya disuruh menjadi Menteri Keuangan," kisah Sri Mulyani.

Namun, keputusan untuk kembali menjadi Menteri Keuangan bukan keputusan mudah. Pasalnya saat sedang kerja pada zona nyaman di Bank Dunia. Tiba-tiba, Presiden Jokowi meminta dirinya untuk bergabung pada kabinetnya.

"Bagi pribadi saya ini meninggalkan zona nyaman dan zona surplus penghasilan. Artinya di waktu kita bisa pergi ke seluruh dunia dan berkontribusi ke seluruh pembangunan dan saya punya kesempatan ketemu para pemimpin lain," kata dia.

Baca Selengkapnya: Sri Mulyani: Pak Jokowi Larang Saya Pulang ke Amerika, Disuruh Jadi Menteri Keuangan

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini