nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Ibu Kota Baru, Tak Sulit Salurkan Gas ke Kalimantan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 08 470 2089294 jadi-ibu-kota-baru-tak-sulit-salurkan-gas-ke-kalimantan-CLpaM9GK17.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah menyiapkan pembangunan pipa gas di Kalimantan. Hal ini untuk merespons wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan yang belakangan santer terdengar.

 Baca Juga: Kementerian PUPR Kaji Kebutuhan Jalan Tol di Ibu Kota Baru

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan pihaknya akan menunggu kepastian pemindahan ibu kota yang akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo. Setelah itu, barulah perseroan begerak untuk membangun jarigan gas di ibu kota baru.

“Kita siap karena kalaupun rencana dipindahkan sesuai dengan rencana pak Presiden ke Kalimantan,” ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

 Baca Juga: Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalteng, Kaltim atau Kalsel?

Menurut Gigih, persiapan untuk menyediakan jaringan gas di ibu kota baru sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebab sumber gas di Kalimantan cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan gas satu pulau.

Pihaknya hanya perlu untuk membangun pipa gas baru untuk menyalurkan sumber gas menuju wilayah lain di Kalimantan. Karena saat ini, pipa gas di pulau Kalimantan hanya berada di wilayah-wilayah yang menjadi sumber gas saja seperti Kalimantan Timur.

“Sebenarnya (Kalimantan) sumber gasnya cukup banyak terutama di daerah kawasan Kalimantan Timur sehingga mungkin nanti kita melakukan perincian untuk membangun pipa menuju ke Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat ataupun Kalimantan Tengah,” jelasnya.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

Menurut Gigih, setidaknya ada dua sumber gas yang ada di Kalimantan. Pertama adalah wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara)

“Bisa saja karena resources-nya besar selain di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara juga banyak gas jadi dari dua ini bisa disalurkan,” kata Gigih

Dengan adanya dua sumber gas di wilayah Kalimantan, Gigih optimis penyaluran gas di Kalimantan akan merata. Apalagi setelah nantinya pihaknya sudah membangun pipa gas menuju wilayah-wilayah pelosok Kalimantan lainnya.

“Justu itu Kalimantan itu sebetulnya akan menghubungkan antar Kalimantan Timur, Kalsel, Kalbar dan Kalteng. Jadi pipa ini harus dibangun supaya gas ini bisa mengalir sampai ke Kalimantan Barat,” ucap Gigih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini