nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mentan Blacklist Importir yang Terjerat KPK soal Suap Bawang Putih

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 14:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 320 2091803 mentan-blacklist-importir-yang-terjerat-kpk-soal-suap-bawang-putih-Kh5LS7Yq12.jpg Bawang Putih (Reuters)

JAKARTA - Kementerian Pertanian memastikan telah mencoret atau blacklist importir bawang putih yang terjerat kasus operasi tangkap tangan (OTT), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin. Salah satu perusahaan yang tercantum adalah PT Cahaya Sakti Agro (CSA).

"Kami tidak akan mengambil risiko terkait importir nakal. Dan kami akan terus mengontrol potensi importir-importir nakal. Importir yang kena OTT itu sudah kami blacklist," ujar Menteri Pertanian Amran Andi Sulaiman di Gedung Direktorat Hortikultura Kementan Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Kasus Korupsi Cs, Ada 145 PNS Kementan yang Dipecat

Dia menuturkan bahwa seluruh importir bawang putih pada periode tahun ini tidak ada yang terkait dengan OTT KPK atau terjerat hukum. Di mana Kementan telah mencatat ada 55 importir telah mengajukan rekomendasi impor bawang putih untuk kebutuhan tahun 2019.

I Nyoman

"Jadi, importir yang sudah tertangkap KPK tak kita kasih kesempatan pengajuan (izin impor) lagi," kata dia.

Baca juga: Kasus Suap Impor Bawang Putih, Mentan Sidak ke Ditjen Hortikultura

Sementara itu, Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto menyatakan rekomendasi impor bawang putih tahun ini sebanyak 603.000 ton.

"Untuk RIPH sekitar 55 perusahaan dengan total 600 ribu ton untuk kebutuhan satu tahun," ungkap dia.

Dia menegaskan importir yang nantinya mendapatkan kewenanganan agar mengikuti aturan wajib tanam 5% dari kuota impor yang diajukan. "Maka itu harus 30 ribu (ton) itu harus diproduksi dalam negeri," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini