nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Dunia Berubah Cepat Sekali

Jum'at 16 Agustus 2019 17:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 320 2092899 wawancara-khusus-presiden-jokowi-dunia-berubah-cepat-sekali-dPm4QlXRfK.jpg Foto: Presiden Joko Widodo (Arif/Okezone)

JAKARTA - Saat ini dunia tengah mengalami perubahan atau lebih dikenal dengan sebutan revolusi industri 4.0. Untuk menghadapi perubahan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitikberatkan pada sumber daya manusia (SDM).

Menurut Presiden Jokowi, revolusi industri 4.0 akan mengubah tatanan. Jika tidak dipersiapkan dengan baik maka Indonesia bisa tertinggal. Untuk itu persiapan harus dilakukan secara matang.

 Baca Juga: Tutup Nota Keuangan, Jokowi: Jadikan Indonesia Salah Satu Kekuatan Ekonomi Dunia

Bagaimana Presiden menyikapi fenomena global tersebut? Berikut petikan wawancana dengan Presiden Joko Widodo belum lama ini dengan iNews TV.

Bagaimana menurut Bapak Presiden tentang revolusi industri 4.0?

Ya sekali lagi ini dunia sudah berubah betul dan perubahannya tidak pelan-pelan tapi cepat sekali karena adanya distrupsi teknologi dan revolusi industri jilid ke-4 itu tidak bisa betul-betul tidak bisa kita biarkan begitu saja.

Di situ sebetulnya ada peluang jika kita bisa menyiapkan SDM-nya. Di situ ada peluang Indonesia negara kita untuk bisa melompat. Kalau bisa kita menyiapkan, merencanakan sehingga kita bisa mendapatkan manfaat dari peluang perubahan itu.

Kalau enggak kita ya akan ditinggal. Sehingga anak-anak kita itu, tenaga kerja kita itu harus betul-betul disiapkan di sana, karena akan ada perubahan perubahan.

 Baca Juga: Presiden Jokowi: Anggaran Ibu Kota Pindah Sekecil Mungkin Gunakan APBN

Contohnya Pak?

Misalnya, yang berkaitan dengan pekerjaan. Bisa nanti sopir sudah bekerja yang namanya sopir bisa hilang karena sudah ada autonomous vehicle.

Mungkin bisa saja pilot helikopter atau pilot pesawat, nanti juga bisa tidak ada kalau sudah ada juga autonomous di penerbangan baik di helikopter maupun di pesawat. Bisa saja, kenapa tidak?

Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini