3 Langkah Murah Agar Harga Jual Rumah Jadi Mahal

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 21 470 2094924 3-langkah-murah-agar-harga-jual-rumah-jadi-mahal-HqUcbH4gd6.jpg Ilustrasi Rumah (Reuters)

JAKARTA - Menjual rumah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pembeli rumah akan sangat detail, agar bisa mendapatkan rumah sesuai impian.

Banyak yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin menjual rumah, sekitar 79% penjual di seluruh negeri melakukan renovasi atau perbaikan rumah mereka sebelum menjualnya.

 Baca juga: Ini Strategi Menjual Properti ke Generasi Milenial

Langkah renovasi yang bisa dilakukan, termasuk menghancurkan dindingnya untuk membuka dapur dan menambahkan area kamar mandi. Juga meningkatkan kebutuhan dasar di rumah, tinggi atap dan sirkulasi udara.

Salah satu langkah ringan termasuk pembenahan area luar rumah, penambahan taman bunga, area bermain untuk anak-anak dan dinding yang terbuat dari batu alam yang ditaruh di area depan.

Berikut tips untuk membantu Anda menjual rumah dengan harga tertinggi yang dilansir dari Usatoday.com, Kamis (22/8/2019)

 Baca juga: Kenali Maksud Over Kredit Rumah

1. Perhatikan Dapur Anda

 Dapur

Dapur adalah area paling penting, namun jangan khawatir biaya renovasi dapur relatif terjangkau. Jika melakukan perombakan total pada dapur, maka pemilik rumah berpotensi mendapatkan keuntungan.

2. Tampilan Interior Juga diperhitungkan

 Interior

Mengubah warna cat dinding di dalam rumah bisa membuat rumah terasa baru. Hitung biaya yang dikeluarkan untuk mengecat seluruh interior rumah dan keuntungan yang didapat. Pembeli yang masih muda biasanya menanyakan fitur seperti pendingin ruangan, kulkas dan sistem keamanan yang dapat mereka pantau.

Mengaktifkan bel pada pintu, kunci, kamera cctv menguras biaya. Tapi keuntungan yang didapat akan mencapai 5% dari harga jual rumah Anda. Walau begitu, jangan abaikan sistem utama rumah Anda. Seperti sistem udara, atap, pipa ledeng, pendeteksi asap, perapian, dan pagar harus berada dalam kondisi baik, karena hal-hal itu dapat membantu meyakinkan pembeli rumah Anda saat pertama kali datang untuk melihat kondisi rumah.

3. Rawatlah Halaman Anda

 Taman Rumah

Ruang terbuka akhir-akhir ini dapat sama berharganya dengan renovasi dapur, seperti halnya rencana lantai terbuka untuk baby boomer. Menurut HomeAdvisor, ruang terbuka bisa mendongkrak harga jual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini