nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Baru di Kaltim, Gubernur: Tak Ada Pilihan Lain Harus Siap

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 470 2096683 tok-ibu-kota-baru-di-kaltim-gubernur-tak-ada-pilihan-lain-harus-siap-8wMK8CkGW3.jpeg Presiden Jokowi Umumkan Lokasi Pemindahan Ibu Kota Negara. (Foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Provinsi Kalimantan Timur menyatakan siap menjadi ibu kota negara (IKN) yang baru. Dengan pemindahan ibu kota ini diyakini memberi dampak ekonomi yang luas tidak hanya Kalimantan Timur, tapi seluruh Pulau Kalimantan dan wilyah lainnya seperti Sulawesi.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Ibu Kota Pindah Bukan Kesalahan Pemprov DKI

Desain Ibu Kota Baru

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, dengan penetapan lokasi ibu kota yang baru ini, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan 2 Wali Kota dan 2 Bupati di wilayah Kaltim.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke 2 Kabupaten di Kaltim

Desain Ibu Kota Baru

"Kami akan koordinasi lebih dulu dengan 2 Wali Kota, Samarinda dan Balikpapan. Kemudian Bupati Kutai dan Bupati Penajam. Pada intinya tidak ada pilihan lain, kita harus siap," tegasnya.

Menurut dia, dengan adanya pemindahan ibu kota ini memberi dampak perekonomian tidak hanya di Kaltim. Tapi, semua wilayah di Pulau Kalimantan termasuk timur Indonesia.

"Karena posisi kita di tengah-tengah negara, ini berdampak pada semua. Kita berbatasan dengan Sulawesi Barat, kemudian wilayah ini juga jadi suplai bangunan di sana. Saya yakin dampak positifnya banyak, bukan hanya persoalan di Kaltim tapi semua," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini