nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UEA Minat Investasi di Ibu Kota Baru, Ini Skemanya

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 20:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 04 470 2113061 uea-minat-investasi-di-ibu-kota-baru-ini-skemanya-5N2ziZavb0.jpg UEA Minat Investasi di Ibu Kota Baru (Foto: BPMI)

JAKARTA - Proyek pembangunan ibu kota baru mulai menarik beberapa investor asing. Salah satunya adalah investor asing asal Uni Emirat Arab (UEA)

 Baca Juga: 200.000 PNS Dipastikan Pindah ke Ibu Kota Baru

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, ada beberapa skema yang ditawarkan dalam investasi ibu kota baru ini. Salah satu yang ditawarkan adalah melalui pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau dana abadi antara Abu Dhabi dan Indonesia.

Namun menurut Bambang, pihaknya belum merinci skemanya secara jelas dan masih akan terus dibicarakan. Dia menegaskan Indonesia terbuka untuk investasi UEA baik di bidang infrastruktur hingga properti.

 Baca Juga: Lahan Ibu Kota Baru Belum Bisa Dieksekusi, Kenapa?

"Ya skemanya nanti kita tunjukkan apa yang terbuka investasinya di sana. Kan macam-macam, semuanya, bisa infrastrukturnya, bisa propertinya," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

 Desain Ibu Kota Baru

Terkait jumlah dana yang akan diinvestasikan oleh pihak UEA itu, Bambang mengaku masih perlu pendalaman. Bambang juga belum mengetahui berapa persen dana yang akan diinvestasikan UEA dari total kebutuhan biaya pemindahan ibu kota baru yang diperkirakan Pemerintah sebelumnya sebesar Rp466 triliun.

"Nanti saya eksplor dulu," ucapnya.

 Desain Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan bahwa UEA berminat untuk mendanai pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Kita mau buat apa yang disebut sovereign wealth fund, jadi kerja sama dengan Abu Dhabi," kata Luhut di Istana Kepresidenan Jakarta belum lama ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini