nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naik 69%, Saham Emiten Motor Listrik Ini Langsung Auto Reject

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 07 278 2113699 naik-69-saham-emiten-motor-listrik-ini-langsung-auto-reject-fEaHcfOJtL.jpg Naik 69%, Saham Emiten Motor Listrik Auto Reject (Foto: Okezone.com/Yohana)

JAKARTA - PT Gaya Abadi Sempurna Tbk mencatatkan saham perdana (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini. Emiten berkode saham SLIS itu menjadi produsen sepeda motor listrik pertama yang melantai BEI, sekaligus emiten ke-39 pada tahun 2019.

Dalam penawaran saham perdana (initial public offering/IPO), perseroan melepas 500 juta saham ke publik atau setara 25% dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan setelah IPO. Adapun harga yang ditawarkan sebesar Rp115 per saham, sehingga perseroan bakal mengantongi dana dari aksi koorporasi ini sebesar Rp57,5 miliar.

 Baca Juga: Produsen Motor Listrik Melantai di BEI, Sahamnya Bakal Laris Manis?

Pada pembukaan perdagangan, saham SLIS naik 80 poin ke level Rp195 dari harga IPO atau mengalami kenaikan 69,57%. Saham SLIS ditransaksikan sebanyak 3 kali dengan volume sebanyak 40 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp780.000.

Dengan demikian, saham SLIS langsung terkena penolakan otomatis (auto rejection) oleh Jakarta Automated Trading System (JATS), karena kenaikan harga saham melebihi ketentuan persentase tertinggi harian khusus saham IPO.

 Baca Juga: Indonesia Masuk Peringkat ke-10 Pasar IPO Global

Dalam ketentuan perdagangan perdana saham yang baru dicatatkan dapat terkena auto rejection jika naik atau turun berlaku dua kali lipatnya. Terdiri dari sebesar 70% untuk harga saham Rp50-Rp200, 50% untuk harga saham Rp200-Rp5.000, dan 40% untuk harga saham di atas Rp5.000.

"Ini unik karena menjasi perusahaan kendaraan listrik pertama kali yang masuk BEI. Harapannya rekan-rekan yang lain juga bisa masuk bursa untuk mendukung program pemerintah untuk udara kita lebih bersih dan hemat BBM. Mari ramai-ramai birukan langit kita," ujar Direktur Utama Gaya Abadi Sempurna Edi Hanafiah Kwanto di BEI, Jakarta, Senin (7/10/2019).

 Gaya Abadi

Dalam aksi koorporasi ini, perseroan menunjuk PT Investindo Nusantara Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Selain itu perseroan juga menunjuk PT Panca Global Sekuritas, PT Binaartha Sekuritas, dan PT Corpus Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi efek.

Dana hasil IPO ini, rencananya digunakan perseroan untuk membeli bahan baku impor dan pembayaran pinjaman kepada perusahaan anak. Adapun Gaya Abadi Sempurna merupakan perusahaan yang memproduksi sepeda motor listrik dengan merek Selis, serta kipas angin dan lampu dengan nama Juara.

"Perseroan memiliki keyakinan yang optimis bahwa permintaan atas produk-produk yang perlengkapan rumah tangga dan kendaraan listrik tersebut memiliki pangsa pasar yang besar di dalam negeri maupun ekspor ke luar negeri," kata Edi.

Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini