nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Material Kayu di Rumah Ternoda, Bisa dengan Pemutih atau Diamplas

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 15:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 470 2113865 material-kayu-di-rumah-ternoda-bisa-dengan-pemutih-atau-diamplas-33pSyYqAUc.jpg Tips Bersihkan Kayu yang Terkena Air. (Foto: Okezone.com/Thespruce)

JAKARTA - Kayu adalah bahan bangunan yang sangat baik untuk di luar ruangan. Biasanya digunakan untuk pondasi rumah, furnitur luar ruangan, deck, pagar hingga bangunan luar.

Kayu dikenal rentan terhadap pelapukan. Setiap kali tetesan air tumpah ke permukaan kayu, ada kemungkinan merusak dan menodai permukaan ayu dengan jeplakan air.

Baca Juga: 8 Ide Rumah Pohon, Menakjubkan dan Bikin Nyaman

Namun, jangan khawatir, ada tips yang bisa kamu lakukan untuk memudahkan membersihkan kayu dari noda air tanpa merusak permukaan kayu, seperti yang dilansir dari Thespruce, Senin (7/10/2019):

1. Cara Menghilangkan Noda Yang Sulit Hilang

Yang pertama harus kamu lakukan adalah pastikan air di atas kayu tersebut telah kering, lalu letakan kain katun bersih yang kering di atas area yang ternoda.

Kayu

Lalu secara berkala aplikasikan alat pengering di atas kain. Jika sudah, angkat kain untuk memeriksa keberhasilan cara ini. Kain yang dipanaskan dengan alat pengering, dipercaya dapat menyerap noda yang ada di kayu.

2. Bersihkan Kayu

Noda air yang kotor pada kayu disebabkan oleh kotoran dari genangan air kotor atau tanah basah. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bersihkan kayu itu.

Baca Juga: Cara Membuat Rak Buku Sendiri, Unik dan Hemat Biaya

Lalu dengan selang yang besar, semprotkan satu bagian kayu yang bernoda dari atas ke bawah.

3. Bersihkan Noda Gelap dengan Larutan Pemutih

Noda yang berwarna gelap dinilai sulit dihilangkan dari kayu. Namun, dengan memutihkan kayu secara lembut dengan larutan pemutih rumah yang telah diencerkan dapat membantu menghapus noda mengganggu.

Pastikan kamu menggunakan sarung tangan tahan air untuk cara ini, karena pemutih ini bersifat keras dan cukup berbahaya jika terkena tangan.

4. Bersihkan Kayu Dengan Pengamplasan

Kamu bisa membersihkan kayu dengan cara mengamplasnya. Langkah ini dapat membantumu untuk menghapus noda yang sulit dihilangkan dari permukaan kayu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini