nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fokus Jokowi Soal Kemiskinan 5 Tahun ke Depan, Ini Bocoran Menteri PPN

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 19:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 320 2114453 fokus-jokowi-soal-kemiskinan-5-tahun-ke-depan-ini-bocoran-menteri-ppn-An6MY9Owa7.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) Indonesia hingga 2030. Ada 17 tujuan dalam SDGs, di mana, dua fokus utama yang ditargetkan lebih dahulu tercapai.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegero menyatakan, seluruh tujuan SDGs itu akan dikebut pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah. Nasional (RPJMN) dua periode ke depan.

Baca Juga: Wapres JK Sebut Butuh USD2,5 Triliun Untuk Jalankan Program SDGs di Dunia

"Kami membawa masuk SDGs ke dalam rencana pembangunan kita di 5 tahunan. Tapi ini kan cuma sampai 2030, jadi kami memastikan ini masuk ke proses RPJMN 2020-2024 dan 2025-2029," ujarnya usai acara SDGs Annual Conference 2019 terkait Laut Berkelanjutan di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dia menyatakan, dua fokus utama dalam 17 tujuan SDGs mengurangi kesenjangan yang menjadi tujuan ke-10 dan meniadakan kemiskinan yang menjadi tujuan ke-1.

Kepala Bappenas

"Dua itu menjadi yang utama, tapi yang lainnya itu juga saling menunjang, yang pada akhirnya mengurangi kesenjangan dan kemiskinan," katanya.

Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan tersebut Bappenas membentuk SDGs Financing Hub. Unit ini dibentuk untuk mengkoordinasi pembiayaan bagi program SDGs di Indonesia.

Baca Juga: Wapres JK: Peran Masyarakat Pesisir Penting dalam Menjaga Keberlanjutan Laut

SDGs Financing Hub akan mengkoordinasikan dana-dana proyek SDGs dari zakat, CSR (corporate social responsibility) perusahaan, filantropi, hingga crowdfunding (dana dari masyarakat).

Selain dana non pemerintah, SDGs financing hub juga akan mengkoordinasi dana dari APBN, juga pembiayaan lewat swasta dan pemerintah baik melalui pembiayaan investasi non anggaran (PINA) dan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Jadi kami melakukan identifikasi terkait sumber-sumber pembiayaan dan rencana aksi. Kami tidka mengumpulkan uang, namun mempertemuan sumber dana dengan rencana aksi dalam SDGs," ujar Bambang.

Adapun 17 tujuan SDGs Indonesia hingga 2030 yakni :

1. Meniadakan kemiskinan

2. Meniadakan kelaparan

3. Kehidupan sehat dan sejahtera

4. Pendidikan berkualitas

5. Kesetaraan gender

6. Air bersih dan sanitasi layak

7. Energi yang terjangkau dan bersih

8. Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi

9. Industri, inovasi, dan infrastruktur

10. Mengurangi kesenjangan

11. Kota dan pemukiman yang berkelanjutan

12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

13. Penangan perubahan iklim

14. Ekosistem lautan

15. Ekosistem daratan

16. Perdamaian, keadilan, dan lembaga yang tangguh

17. Kemitraan untuk mencapai tujuan

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini