nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Bilang Gaji Harian Tak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 10:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 320 2115721 siapa-bilang-gaji-harian-tak-bisa-menabung-ini-tipsnya-9Pu2Iz7cpE.jpg Tips Mengelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mungkin banyak dari kita yang sulit menyisihkan gaji, untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus menabung. Apalagi untuk pekerja yang penghasilannya harian seperti pengemudi ojek online atau driver online.

Kebanyakan kasus, mereka yang digaji dengan sistem gaji harian hanya memikirkan pengeluaran saja, tapi tidak diikuti dengan menabung.

Baca Juga: Milenial Harus Punya 3 Kemampuan Ini jika Ingin Investasi

Padahal, mengelola keuangan yang sehat diikuti dengan kegiatan menabung. Dengan demikian, menyisihkan uang untuk kebutuhan pun akan terasa mudah dilakukan.

Perencana Keuangan Eko Indarto mengatakan, hal itu sangat bisa dilakukan, jika kita bisa memperhatikan 4 sisi prioritas, terutama biaya konsumsi.

nabung

"Orang yang penghasilannya tidak tetap sangat bisa melakukan kegiatan menabung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, asal mendahulukan biaya konsumsi karena itu yang paling utama," ujar Eko kepada Okezone, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Baca Juga: Sebelum Putuskan Pakai Kartu Kredit, Perhatikan 5 Hal Ini

Menurut Eko, Biaya konsumsi didahulukan karena kita semua butuh makan. Dia juga menjelaskan bahwa seharusnya pekerja sudah bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan agar kita tidak selalu memikirkan keinginan melainkan mendahulukan kebutuhan.

"Gaya hidup juga bisa mempengaruhi banyaknya keinginan, maka kita harus tahu betul mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan sampai kebutuhan kita yang justru terbengkalai," ujar Eko.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini