nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag: Kami Tuntaskan 15 Perjanjian Dagang dalam 3 Tahun

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 13:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 16 320 2117658 mendag-kami-tuntaskan-15-perjanjian-dagang-dalam-3-tahun-a91vzzfoS5.jpg Mendag soal Perjanjian Perdagangan (Foto: Okezone.com/Diaz)

TANGERANG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa Indonesia telah berhasil selesaikan 15 perjanjian perdagangan.

"Dalam kurun waktu 3 tahun kami telah selesaikan 15 perjanjian perdagangan," ungkap Enggartiasto dalam acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di Indonesia Convention Exhibition BSD, Rabu (16/10/2019).

 Baca Juga: Di Depan Wapres, Mendag Pamer Trade Expo Dibiayai Tanpa APBN

Menurutnya, ini merupakan hasil kerjasama antara berbagai pihak. "Ini merupakan hasil kerjasama dengan duta besar, asosiasi bisnis, dan pengusaha," tambahnya.

Pasalnya, sejak 2016 hingga 2019, Indonesia memang melakukan banyak perjanjian perdagangan. Di antaranya adalah Indonesia-Korea CEPA, Indonesia-Australia CEPA, Indonesia-Chile CEPA, Indonesia-EFTA CEPA, MOU Indonesia-Palestine, Indonesia-Mozambique PTA, dan lain-lain.

Baca Juga: Tingkatkan Ekspor dengan Perbanyak Perjanjian Perdagangan Baru

Mendag

Dia pun kembali menegaskan bahwa semua perjanjian tersebut bisa selesai dalam kurun waktu 3 tahun.

"Bayangkan, hanya dalam kurun waktu 3 tahun kita bisa selesaikan 15 perjanjan perdagangan," ucapnya,

Namun, Dia mengakui bahwa semua ini juga ada campur tangan seperti dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Mendag Enggartiasto menduga semua perjanjian itu hanya akan jadi perbincangan belaka apabila tidak ada Wapres Jusuf Kalla.

"Wapres selalu berikan arahan yang tegas, kalau tidak ada beliau pasti cuma sampai ke perbincangan saja," katanya.

 TEI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini