nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Ilham Habibie soal Era 4.0: Kita Harus Bersiap untuk Masa Depan

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 11:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 18 320 2118557 pesan-ilham-habibie-soal-era-4-0-kita-harus-bersiap-untuk-masa-depan-FoqMvtUQnQ.jpg Ilham Habibie (Foto: Adhyasta Dirgantara/Okezone)

JAKARTA – Putra Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie menyinggung dan membahas industri 4.0. Hal ini Dia ungkapkan dalam sambutannya di acara Orbit International Habibie Festival 2019.

"Kita tidak tahu bagaimana pendidikan ke depannya, tapi kita tahu komponennya. Semua orang pasti sudah mendengar 4.0. Tapi, tahukah kalian apa arti sebenarnya dari industri 4.0?" ujar Ilham Habibie dalam bahasa Inggris di Jiexpo Kemayoran, Jumat (18/10/2019).

 Baca juga: Generasi Milenial Diajak Bijak Kelola Keuangan di Era Industri 4.0

Ilham berkata, banyak orang yang berpikir bahwa pekerjaan akan banyak hilang di masa depan. Dia pun mengiyakannya, namun ada solusinya.

"Mungkin orang akan berpikir bahwa di era 4.0 akan banyak pekerjaan yang hilang. Tapi menurut Saya, memang hilang, tapi akan ada banyak pekerjaan baru dan dibutuhkan skill baru pula serta pola pikir baru," prediksinya.

 Baca juga: Tantangan Besar di Era Industri 4.0, Semua Harus Serba Cepat

Selain itu, perihal perpindahan masyarakat, dia juga percaya kalau akan terjadi urbanisasi di masa depan. Di mana semakin banyak orang pindah ke kota, tapi desa akan mulai bertransformasi menjadi kota.

"Kami percaya bahwa akan terjadi urbanisasi di masa depan di mana semua orang akan pindah ke kota untuk kerja, tapi desa-desan akan berkembang seperti kota," tambah Ilham Habibie.

Selanjutnya, Ilham juga menyinggung bagaimana orang-orang menyiapkan diri untuk menghadapi masa depan. Dia menyayangkan orang-orang yang relatif pasrah.

"Sebagian orang memilih untuk menunggu masa depan padahal tidak yakin dengan keadaan mereka ke depannya, sebagian melihat ke belakang dan belajar dari pengalaman," tukasnya.

"Untuk mengatasi ketidakpastian, maka kita harus berpegang teguh pada sesuatu dan berkembang dari situ," pesan Ilham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini