nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pelantikan, Jokowi Pamer Infrastruktur yang Dibangun Selama 5 Tahun

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 14:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 18 320 2118623 jelang-pelantikan-jokowi-pamer-infrastruktur-yang-dibangun-selama-5-tahun-oxSim5e1nh.jpg Jokowi dan Pembangunan Infrastruktur (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melanjutkan kepemimpinan dalam lima tahun ke depan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf tentunya sudah mempunyai visi misi selama lima tahun.

 Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden, Ini Sederet Permintaan Pengusaha ke Jokowi

Sementara pada periode pertama, pemerintahan Jokowi fokus pada pembangunan infrastruktur. Dalam video yang diunggah Jokowi dalam akun instagram resminya, Jokowi memamerkan sejumlah proyek infrastruktur yang sudah dibangun.

"Selama lima tahun ini, Indonesia telah fokus dan memberikan perhatian terbesar dalam bidang pembangunan infrastruktur," kata Jokowi seperti dikutip Okezone, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

 Baca Juga: Wapres JK: Ini Hari Terakhir Saya Kerja Jadi Wakil Presiden

"Infrastruktur-infrastruktur inilah yang akan membawa kita bisa menang dalam berkompetisi, menang bersaing dengan negara-negara lain," sambung Jokowi.

Jokowi ingin rakyat Indonesia merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan dan merasa bangga menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Hanya dengan jaringan listrik yang menjangkau seluruh nusantara, pelabuhan dan bandara yang menghubungkan pulau-pulau, bendungan dan irigasi yang mengairi sawah-sawah dan jembatan sebagai jalur angkutan dan logistik. Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju. Tak ada jalan lain," kata Jokowi.

 Prabowo: Kita Bangga Indonesia Punya MRT

Berikut proyek infrastruktur yang sudah dibangun selama lima tahun pemerintahan Jokowi-JK:

980 Km Jalan tol

3.793 Km jalan Nasional

2.778 Jalan Perbatasan

330 Unit Jembatan Gantung

7 Pos Lintas Batas Negara

18 Trayek Laut

15 Bandara Baru

MRT dan LRT

79 Infrastruktur Olahraga

65 Bendungan

Menurut Jokowi, lima tahun pemerintahan periode ini berjalan adalah lima tahun dengan derap pembangunan infrastruktur di semua bidang: jalan, jalan tol, jembatan, pelabuhan, bendungan, bandar udara, sampai pos-pos lintas batas negara.

Segenap infrastruktur itu tersebar di seluruh daerah di Indonesia, bersambung ke kawasan-kawasan produksi rakyat, industri kecil, Kawasan Ekonomi Khusus dan pariwisata, juga terhubung ke kawasan persawahan, perkebunan, dan tambak-tambak perikanan.

"Dengan itulah, kita percaya diri untuk melangkah ke depan menyambut lima tahun berikutnya dengan tetap melanjutkan pembangunan yang telah berjalan, seraya membangun sumber daya manusia sebagai fokus," tukas Jokowi.

 Seragam Berkemeja Putih, Jokowi dan Prabowo Naik MRT Bareng

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini