nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dipanggil Presiden Jokowi, Ini Profil Basuki 'Daendels' Hadimuljono

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 11:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 22 320 2120070 dipanggil-presiden-jokowi-ini-profil-basuki-daendels-hadimuljono-Gj0hksmVCa.jpg Basuki Hadimuljono Datang ke Istana (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Basuki Hadimuljono kembali dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini. Bagaimana tidak, dia menjadi salah satu dari tiga menteri dengan tingkat kepuasan kinerja tertinggi.

Jika kembali menjadi Menteri Kabinet Kerja Jilid II. ini artinya Menteri Basuki menambah masa baktinya lagi. Pasalnya, Dia sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di kementerian ini sejak masih muda. Hingga akhirnya, pada 2014 lalu, Menteri Basuki dipercayai untuk memegang penuh kendali Kementerian PUPR.

 Baca Juga: Datang ke Istana, Basuki Hadimuljono: Saya Barusan Ditelepon Pak Presiden

Awal kehidupan Menteri Basuki dimulai di Surakarta, Jawa Tengah. Dia dilahirkan 65 tahun silam atau lebih tepatnya pada 5 November 1954 dengan nama lengkap Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

Dunia pendidikannya pun tidak main-main. Menteri Basuki merupakan lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) dari jurusan Teknik Geologi tahun 1979. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan S2 hingga S3 nya di universitas Amerika Serikat hingga tahun 1992, yaitu Colorado State University. Di sana, Dia memfokuskan dirinya di jurusan Teknik Sipil.

 Baca Juga: Obrolan Jokowi dan Sri Mulyani di Istana, Cari Cara Dorong Perekonomian

Selama 6 tahun kuliah di AS, Menteri Basuki mengaku tidak pernah membolos satu hari pun.

"Saya sekolah (pascasarjana) di Amerika enam tahun, tidak satu hari pun saya membolos. Waktu tidak akan kembali lagi,” ujarnya.

 Basuki

Dia juga terkenal dengan sosok pekerja lapangan. Lihat saja riwayatnya, berbagai proyek telah Menteri Basuki garap, di antaranya, Proyek Pengembangan Air Tanah Jawa Tengah, Proyek Pengembangan Air Tanah Nusa Tenggara Timur, hingga Pengelolaan Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane.

Kinerja Basuki dalam membangun infrastruktur di dalam negeri juga patut diapresiasi. Begitu banyak perubahan mulai dari tersambungnya tol Banten hingga Surabaya atau disebut Tol Trans Jawa. Kemudian Tol Trans Sumatera hingga berbagai bendungan dan irigasi.

Atas kinerjanya tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani memuji Basuki Hadimuljono. Dirinya menyebut Basuki sebagai Bapak Daendles Indonesia yang berhasil membangun beribu-ribu kilometer jalan tol.

Daya tahan Indonesia sangat tergantung pada ketangguhan infrastruktur yang dimiliki di kota, di desa, di kawasan pedalaman, di kawasan perbatasan, serta pulau-pulau terluar dan terdepan. Daya tahan ini terbukti dengan bertahannya Indonesia dalam stagnasi ekonomi dunia lima tahun terakhir ini.

Di luar prestasinya, Basuki juga dikenal banyak orang sebagai pribadi yang ramah dan gemar dengan musik. Berdasarkan rangkuman Okezone, bersama beberapa menteri Kabinet Kerja, Basuki menjadi salah satu personil Elek Yo Band. Dia juga terkenal sebagai menteri paling jenaka di kalangan para menteri Kabinet Kerja I.

 Basuki

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini