nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembali Jadi Menteri, Siti Nurbaya Laporkan Peran Penting LHK di Ibu Kota Baru

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 22 470 2120265 kembali-jadi-menteri-siti-nurbaya-laporkan-peran-penting-lhk-di-ibu-kota-baru-MzyyOSlEdO.jpg Siti Nurbaya (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Siti Nurbaya memastikan dirinya kembali akan menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Kabinet Kerja II Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Siti Nurbaya mengatakan bahwa dirinya diminta melanjutkan tugasnya di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 Baca juga: Bersih dari Utang, Pratikno Punya Harta Rp6,7 Miliar

"Saya tadi mohon izin ke Presiden Jokowi apakah posisi saya bisa disampaikan kepada awak media. Beliau bilang silakan. Jadi ada kewajiban penugasan untuk mewujudkan tugas-tugas yang harus diselesaikan di Kementerian LHK," ujar dia di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10/2019).

 Siti Nurbaya

Menurut dia, dirinya juga menyampaikan tentang rencana ibu kota negara kepada Presiden Jokowi. Di mana memang ada bagian penting dari LHK disitu. Karena di area yang disiapkan itu kurang lebih 180 ribu ha adalah kawasan hutan.

 Baca juga: Muncul Wajah-Wajah Lama Menteri Ekonomi, IHSG Ditutup Menguat ke 6.225

"Perintah bapak Presiden Jokowi kepada saya beberapa waktu lalu pada saat persiapan ini adalah bahwa menetapkan wilayah Kaltim sebagai lokasi ibu kota negara baru itu sekaligus dalam kaitan dan simultan dengan pekerjaan memperbaiki lingkungan," ungkap dia.

Maka itu, lanjut dia aspek lingkungan dan kehutanannya disitu pasti dijaga. Oleh karena itu asumsi bahwa kalau membuka area untuk ibu kota negara lalu menghancurkan hutan, itu salah.

 Baca juga: Tiba-Tiba ke Istana, Bambang Brodjonegoro: Barusan Dihubungi Jokowi

"Dalam plannya kita justru akan perbaiki itu dengan desain ibu kota baru. Areal kehutanan itu bisa ditata dengan unit-unit rumah yang jarang itu kira-kira yang dibahas," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini