nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambil Minum Es Kelapa, Jokowi Nikmati Senja di Kaimana

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 28 320 2122549 sambil-minum-es-kelapa-jokowi-nikmati-senja-di-kaimana-coWbsWKYRa.jpg Menikmati Senja di Kaimana Papua Barat. (Foto: Okezone.com/BPIM)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menyambangi Provinsi Papua Barat dalam kunjungan kerjanya. Mereka pun berkunjung ke sebuah kabupaten Kaimana, bersama beberapa Menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua Barat, Minggu (27/10), keduanya menyambangi Taman Kota Senja di Kabupaten Kaimana, sebuah kabupaten yang terletak di ‘leher burung’ Pulau Papua," demikian dilansir dari Setkab, Senin (28/10/2019).

Dalam kunjungan kerja ini, mereka disambut dengan hangat oleh masyarakat Papua. Tampak ribuan masyarakat Kabupaten Kaimana tumpah ruah menyambut kedatangan Kepala Negara di Taman Kota.

Baca Juga: Instruksi untuk Menteri Baru, Jokowi: Hapus Aturan yang Hambat Investasi

Bahkan, mereka menari seka, salah satu tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua yang meliputi daerah Timika, Kaimana dan Fakfak, di depan Presiden Jokowi. Sontak, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana pun larut dalam suasana dan turut menari. Tak sedikit pula warga yang memanfaatkan momen kedatangan Kepala Negara untuk bersalaman dan berfoto.

Saat matahari mulai terbenam sehingga menampilkan perubahan langit yang indah, Presiden Jokowi beserta sang istri berjalan menuju tepi anjungan. Keduanya lantas duduk di sebuah kursi dengan meja panjang di depannya, menghadap Laut Arafuru.

Menikmati Senja di Kaimana

Berlatarkan matahari yang perlahan terbenam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana pun menikmati senja di Kaimana. Sambil minum kelapa muda, keduanya tampak menikmati momen indah tersebut sembari berbincang hangat.

Jika ditelaah lebih lanjut, maka momen Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ini sangat mirip dengan lagu berjudul 'Senja di Kaimana'. Lagu ini merupakan lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi era 1960-an Alfian.

Baca Juga: Rapat Perdana Kabinet Indonesia Maju, Semua Kementerian Cek Efektivitas Anggaran

"Kan ku ingat selalu, kan ku kenang selalu. Senja indah, senja di Kaimana," nyanyi Alfian dalam potongan liriknya.

Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan akan meresmikan jembatan Holtekamp yang berada di teluk Youtefa, Jayapura, Papua. Jembatan dengan pelengkung baja terpanjang di Papua ini pasalnya telah selesai tahap pembangunan.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua tersebut menjadi salah satu bukti komitmen Presiden Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian Timur.

Dengan diresmikannya jembatan tersebut, nantinya waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw akan lebih cepat dari semula sekitar 1,5 hingga 2 jam menjadi sekitar 30 - 45 menit saja. Selain meningkatkan konektivitas, Jembatan Holtekamp juga akan mendorong pengembangan Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah kawasan Skouw.

Sementara itu, Wamen Wempi berpesan kepada warga Papua agar turut menjaga jembatan yang dibangun dari kolaborasi antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura.

"Mari kita belajar dan mengajak diri kita sendiri untuk kita bisa membangun Tanah Papua dengan lebih baik, termasuk di Jembatan Holtekamp, dengan tidak merusak, melakukan coret-coret dan buang sampah sembarangan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini