nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aturan Safeguard Industri Tekstil Ditargetkan Terbit Pekan Depan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 18:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 02 20 2124977 aturan-safeguard-industri-tekstil-ditargetkan-terbit-pekan-depan-Rs8RvVscaD.jpg Ilustrasi Pabrik Tekstil (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan menerapkan perlindungan (safeguard) untuk industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dalam negeri dengan mengenakan tarif bea masuk pada impor TPT. Aturan baru tersebut direncanakan terbit pekan depan.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyatakan, aturan safeguard bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) telah rampung. Kini hanya tinggal menunggu proses administrasi, sebab diperlukan paraf dari beberapa pihak terkait.

"Tinggal administrasi saja, kebijakannya sih sudah oke. Kan harus ada beberapa unit yang mesti endorse (mengesahkan). Ini satu-dua hari mestinya sudah selesai (proses administrasi)," ungkap Heru di Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (2/10/2019).

Penjualan Produk Tekstil di Pasar Domestik Alami Penurunan Lima Tahun Terakhir

Pihaknya sendiri, lanjut Heru, sudah melakukan penandatanganan pada regulasi tersebut. Sehingga dipastikan aturan safeguard industri TPT akan diterbitkan pekan depan.

Meski demikian, Heru enggan merinci berapa pos tarif yang dikenakan bea masuk tersebut. "Mudah-mudahan perkiraan saya minggu depan keluar (aturannya)," ungkap dia.

Baca Juga: Pertumbuhan Industri di Indonesia Merangkak Naik, tapi...

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, aturan safeguard memang tinggal menunggu restu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Lantaran, aturan safeguard dalam bentuk Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) sudah rampung.

"Sudah diusulkan oleh Kemendag (Kementerian Perdagangan), tinggal nanti dari Kemenkeu," ungkapnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Rencana Pembatasan Impor Tekstil agar Industri TPT Dalam Negeri Berkembang

Meski tak merinci poin-poin aturan yang akan diterbitkan tersebut, namun Airlangga memastikan pos-pos tarif bea masuk impor TPT merupakan harmonikasi dari industri tekstil hulu hingga hilir.

Menurutnya, regulasi safeguard akan langsung efektif berlaku sejak diterbitkan oleh kementerian terkait. "Jumlahnya kan belum final, yang pasti ini mulai dari hulu ke hilir, tapi kita kan juga ada alternatif untuk harmonisasi," kata dia.

Baca Juga: Industri Indonesia Tumbuh, Kenapa Produksinya Turun?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini