nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan Industri di Indonesia Merangkak Naik, tapi...

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 13:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 15 320 2117124 pertumbuhan-industri-di-indonesia-merangkak-naik-tapi-FO4uxADkg1.jpg Pertumbuhan Industri (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antara mengungkapkan bahwa hingga Juni 2019, perindustrian Indonesia terus tumbuh.

"Kemudian pertumbuhan industri, memang dalam beberapa tahun ini pertumbuhan industri ini kejar-kejaran dengan pertumbuhan ekonomi. Kadang industri di atas kadang di bawah. Beberapa industri yang memiliki pertumbuhan cukup tinggi adalah industri tekstil, lalu kertas," ungkap Ngakan di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

 Baca Juga: Agar Tak Menganggur, SMK Harus Ikuti Perkembangan Industri

Dalam paparannya, dia menampilkan ada 5 industri yang mengalami peningkatan. Contohnya yakni industri tekstil dan pakaian jadi.

Tercatat, industri tekstil dan pakaian jadi meningkat 20,71%, industri kertas dan barang dari kertas; percetakan & reproduksi media rekaman meningkat 12,49%, industri pengolahan lainnya; jasa reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan meningkat 8,31%, industri makanan dan minuman meningkat 7,99%, serta industri furnitur naik 5,81%.

 Baca Juga: Permintaan Lahan Industri Meningkat

Data ini menunjukkan bahwa perindustrian Indonesia sedang baik-baik saja. Namun, Dia mengakui bahwa saat ini industri memang sedang mengalami penurunan produksi, terutama dalam beberapa bulan terakhir.

"Beberapa bulan terakhir ini memang produksi industri menurun," keluhnya.

"Ini disebabkan karena permintaan negara-negara tujuan ekspor juga sedang menurun," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini