nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri ATR Pastikan 8 Juta Sertifikat Tanah Sudah Dibagikan Masyarakat

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 17:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 09 320 2127811 menteri-atr-pastikan-8-juta-sertifikat-tanah-sudah-dibagikan-masyarakat-BVu6Pxv1xi.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil memastikan sudah ada 8 juta sertifikat tanah yang dibagikan kepada masyarakat. Di mana target tahun ini pembagian sertifikat tanah sebanyak 9 juta.

"Hingga saat ini, kami sudah mengeluarkan 8 juta sertifikat tanah kepada masyarakat," kata Menteri Sofyan Djalil di Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Dia juga menjelaskan, bahwa Kementerian ATR selalu membagikan sertifikat sesuai dengan targetnya. Bahkan pada 2017 dan 2018, Kementerian ATR melebihi target dalam pembagian sertifikat tanah.

"Pada 2017 target kami 5 juta kita bisa melebihi yakni 5,3 juta. Dan pada 2018 target kita 7 juta kita bisa mengeluarkan 9,4 juta. Mudah-mudahan tahun ini bisa target. Karena masih dua bulan lagi," ungkap dia.

Sebelumnya, setelah sempat lambat perkembangannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pada 2025 mendatang proses sertifikasi tanah di seluruh Indonesia akan rampung. Untuk itu, Presiden Jokowi mendorong kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar terus menaikkan target penyelesaian penerbitan sertifikat tanah dari tahun ke tahun.

"Tahun depan saya minta 5 juta, tahun depannya lagi saya minta 7 juta, tahun depannya lagi saya minta 9 juta, tahun depannya lagi 12 juta, tahun depan naik terus. Sehingga target kita 2025 seluruh Indonesia yang namanya sertifikat ini rampung, insyaallah rampung,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan 3.200 sertifikat tanah untuk rakyat, di GOR Tri Dharma PT Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jawa Timur dilansir dari laman Setkab.

(Baca Juga: Menteri Sofyan: Pembuatan Sertifikat Tanah Sulit karena Kurang Juru Ukur)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini