Daftar 9 Perusahaan yang Dapat Izin Ekspor Nikel

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 11 November 2019 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 11 320 2128561 daftar-9-perusahaan-yang-dapat-izin-ekspor-nikel-m56tMwMht9.jpg Daftar 9 Perusahaan Dapat Izin Ekspor Nikel (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah telah menerbitkan kembali persetujuan ekspor bijih mineral atau ore nikel pada 9 perusahaan. Setelah sebelumnya, sempat melarang ekspor bijih nikel secara sementara sejak 29 November 2019.

Berdasarkan surat resmi Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dengan nomor surat 1076/BC/2019 yang diterima Okezone, Senin (11/11/2019), kesembilan perusahaan tersebut dinilai telah memehuhi tiga kewajiban untuk melakukan ekspor bijih nikel.

 Baca Juga: 9 Perusahaan Kembali Ekspor Bijih Nikel, 2 Masih Belum Dapat Izin

Ketiganya mengenai ketentuan kuota ekspor, kadar nikel yang rendah mencapai 1,7%, dan perkembangan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter).

Adapun kesembilan perusahaan tersebut yakni PT Macika Mada Madana, PT Aneka Tambang Tbk, PT Rohul Energi Indonesia, PT Sinar Jaya Sultra Utama, PT Wana Tiara Persada, PT Trimegah Bangun Persada, PT Gane Permai Sentosa, PT Tekindo Energi, PT Gebe Sentra Nickel.

“Sesuai dengan keputusan hasil rapat pada langgal 7 November 2019 di atas bahwa terhadap 9 perusahaan (sebagaimana tertampir) yang terkena NHI dapat dilayani ekspornya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan apabila kedapatan kadar nikel <1,7% dan persetujuan ekspor atas perusahaan tersebut masih berlaku,” tulis surat tersebut.

 Baca Juga: Tahun Depan, Pemerintah Hentikan Ekspor Nikel

Sementara itu, terdapat dua perusahaan yang belum bisa melakukan ekspor bijih mineral karena masih dalam proses verifikasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu.

“Namun terhadap PT Tonia Mitra Sejahtera dan PT Toshida Indonesia masih memerlukan verifikasi Iebih lanjut dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara sehIngga belum dapat dilayani ekspornya,” lanjut tulis surat tersebut.

 Smelter

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini