nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teka-teki Dirut Baru PLN, Kapan Diumumkan?

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 08:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 15 320 2142140 teka-teki-dirut-baru-pln-kapan-diumumkan-nxIkkof9vF.jpg Erick Thohir soal Dirut Baru PLN (Foto: Okezone)

JAKARTA – Penetapan Direktur Utama (Dirut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjadi tugas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir selanjutnya. Walau demikian, Erick mengaku tidak mau mengungkapkan tanggal penetapan Dirut perusahaan listrik plat merah itu.

Nama Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara muncul sebagai kandidat kuat sebagai orang nomor satu di PLN itu menggantikan Sofyan Basir yang terseret kasus.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Dirut Baru PLN Ditetapkan Sabtu atau Minggu

Kabar Rudiantara yang akan menjadi Dirut PLN juga diperkuat oleh Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Agung. Pramono berharap Rudiantara akan segera dilantik. Saat ini, PLN masih dipimpin Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani

Oleh karena itu, Okezone akan meringkas fakta-fakta seputar Rudiantara yang digadang-gadang akan mengisi kursi nomor satu di PLN, Senin (16/12/2019):

1. Batas Penetapan Dirut PLN Hingga 23 Desember 2019

Menteri BUMN Erick Thohir enggan mengatakan tanggal pasti penetapan Dirut PLN, namun Erick mengatakan batas akhir pengangkatan pejabat baru sampai 23 Desember 2019.

Baca Juga: Arahan Jokowi ke Erick Thohir soal Dirut Baru PLN

Saat disinggung tentang pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Erick Thohir belum bisa memastikannya.

“Saya rasa mengenai PLN masih dalam proses ya. Mudah-mudahan minggu ini bisa diputuskan,” ungkat Erick.

2. Diberi Arahan Langsung Oleh Presiden

Melihat posisi listrik yang krusial, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai memberikan arahan langsung kepada Menteri BUMN.

Presiden berpesan kepada Erick Thohir untuk mencari sosok yang berpengalaman untuk mengisi Dirut PLN.

“Dalam artikan kategorinya mencari figur yang memang pengalaman karena kan memang kalau listrik ini sangat menjadi krusial, tidak hanya kehidupan sehari-hari masyarakat tapi juga bagian peningkatan daripada ekonomi,” jelas Erick.

Menteri BUMN mengatakan bagi orang yang terpilih diharuskan memiliki komitmen kuat. Terlebih lagi jika ekonomi Indonesia akan terus tumbuh di 5%, maka listrik merupakan sesuatu yang sangat penting.

Namun, dirinya menyatakan nama Rudiantara masih di proses melalui Tim Penilai Akhir (TPA).

“Kalau secara bursa ya masuk. Cuma kalau ditentukannya masih dalam proses,” kata Menteri BUMN.

3. Rudiantara Tidak Akan Hadir RUPS saat Penetapan

Walau menjadi nama yang paling kuat dicalonkan sebagai Dirut PLN, Rudiantara ternyata tidak akan hadir saat penetapan.

Hal ini diungkapkan oleh Komisaris Independen PLN Sumiyati. Ia menyatakan, dalam RPUS nanti, Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama terpilih tidak akan hadir dalam agenda tersebut.

"Biasanya yang baru itu tidak ada, yang diundang itu yang eksisting. Dan RUPS hanya akan dihadiri oleh direktur dan komisaris yang lama," paparnya di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

4. RUPS Akan Digelar di Kementerian BUMN

Nantinya, RPUS akan dilaksanakan di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "RUPS akan digelar di Kementerian BUMN. Kalau RUPS, owner ya, direksi," ungkap Komisaris Independen PLN Sumiyati.

5. Rudiantara Dinilai Sebagai Sosok yang Tepat

Pamor Rudiantara sebagai calon Dirut PLN dinilai oleh Menteri Koordinator dan Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai langkah yang tepat.

“(Rudiantara Dirut PLN), bagus banget kan pak Rudi memang orang PLN selama di kabinet sama beliau juga bagus. Jadi saya kira presiden menunjukan pak Rudi sudah keputusan yang sangat tepat," kata Menteri Luhut.

Tidak hanya itu, Luhut yakin PLN akan lebih maju di bawah pimpinan Rudiantara sebagai Dirut PLN. "Saya kira PLN akan lebih bagus dengan dirut baru ini," ungkap dia.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga juga mengatakan, Rudiantara memiliki kapasitas untuk memimpin PLN.

“Pak Rudiantara punya pengalaman di bidang telekomunikasi,” paparnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini