Penuhi Kebutuhan Nataru, Ada Uang Tunai Rp105 Triliun

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 04:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 320 2143057 penuhi-kebutuhan-nataru-ada-uang-tunai-rp105-triliun-2gYRgc5Uqz.jpg Uang Kertas (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tak terasa, sebentar lagi akan datang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Liburan panjang pun akan segera dimulai.

Maka dari itu, kebutuhan akan uang tunai meningkat. Menanggapi hal tersebut, Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp105 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Nataru.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

Penyediaan uang kartal tersebut terdiri dari pecahan Uang Pecahan Besar (UPB) dan Uang Pecahan Kecil (UPK). UPB-nya sebesar Rp100,7 triliun, sedangkan UPK-nya sebesar Rp4,3 triliun.

"Khusus periode Natal dan akhir tahun 2019, BI memperkirakan kebutuhan uang tunai secara nasional mengalami peningkatan hingga mencapai Rp105 triliun atau meningkat 7,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ungkap Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan.

Selain kebutuhan uang tunai yang meningkat, transaksi pun menaik juga. Oleh karena itu, BI mengantisipasinya dengan mempersiapkan layanan kas, baik melalui jaringan kantor BI, jaringan perbankan, dan infrastruktur sistem pembayaran nontunai yang lancar.

Baca Selengkapnya: Sambut Natal dan Tahun Baru, BI Siapkan Uang Tunai Rp105 Triliun

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini