nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Desain Ibu Kota Baru, Seperti Apa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 13:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 470 2145169 5-desain-ibu-kota-baru-seperti-apa-65wz8ZUYe9.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan lima besar pemenang desain ibu kota negara (IKN). Desain ini sebagai dasar dari Detail Engineering Design (DED) IKN baru.

Kelima desain tersebut adalah hasil penyaringan lomba design Ibu Kota Negara yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sebanyak 5 besar desain yang dipilih telah menyingkirkan 750 desain lain. Meskipun begitu, dirinya mengapresiasi 755 peserta yang telah mengikuti sayembara ini, meski belum menang.

"Sekarang yang ada di ruangan ini lima besar. Saya bangga kepada yang sudah berperan serta, aktif dalam gagasan desain ibu kota baru," ujarnya, di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Baca Juga: Menteri PUPR Sebut Pemenang Desain Ibu Kota Baru Diumumkan Pekan Depan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Basuki pun menyebut jika seluruh desain ibu kota baru ini sebenarnya bagus-bagus. Hanya saja harus ada pemenang dalam setiap kompetisi dan keputusan berdasarkan pertimbangan dan penilaian yang matang.

Dalam sayembara ini, tim juri yang menilai desain peserta yakni Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi‎, Rektor Universitas Mulawarman Masjaya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil hingga Ahli Perancang Kota Danang Priatmodjo.

Baca Juga: Tol Jakarta-Cikampek Macet, Menteri Basuki: Itu Urusan Polisi 

"Mohon maaf apabila ada yang ‘kok itu yang dipilih, bukan saya’, sekali lagi mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang memuaskan dan menyenangkan, tapi keputusan juri tidak bisa diganggu gugat," jelasnya.

Basuki menambahkan, pembangunan Ibu Kota Negara yang baru, pemerintah mengalokasikan lahan sekitar 256 ribu hektare (ha). Dari luasan itu, sekitar 56 ribu ha menjadi wilayah utama IKN. Sementara pusat pemerintahannya di kawasan seluas 5.600 ha.

"Setiap desain memiliki kekurangan dan kelebihan. Dari lima ini akan kita kolaborasikan untuk memperoleh yang terbaik," kata Basuki.

Sekadar diketahui, kelima pemenang adalah juara I diraih oleh Nagara Rimba Nusantara, juara II diraih oleh The Infinite City, juara III diraih oleh Kota Seribu Galur. Sedangkan juara harapan I diraih oleh Zamrud Khatulitiwa dan harapan II diraih oleh Benua Rakyat Nusantara.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini