Imbas Banyak Tanah Belum Bersertifikat, Jokowi: Bikin Sengketa di Mana-Mana

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 470 2156025 imbas-banyak-tanah-belum-bersertifikat-jokowi-bikin-sengketa-di-mana-mana-Mkw1elaqkH.jpg Jokowi (Foto: Biro Pers)

JAKARTA - Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat lewat sertifikasi tanah. Alasan pemberian sertifikat tanah ini mengingat masih banyak sekali tanah yang belum bersertifikat.

Menurut Jokowi seharusnya ada 126 juta sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat. Namun hingga tahun 2015 lalu baru 46 juta sertifikat yang diberikan kepada masyarakat.

 Baca juga: Bagikan Sertifikat Tanah di NTT, Jokowi Ungkap Peliknya Masalah Sengketa Lahan

“Yang belum 80 juta sertifikat (tanah) yang harus sudah dipegang (masyarakat), artinya punya tanah tapi enggak pegang sertifikat, kemudian tumpang tindih, akhirnya sengketa di mana-mana,” ujarnya mengutip dari halaman Setkab, Senin (21/1/2020).

Oleh karena itu lanjut Jokowi, dirinya menginginkan agar program sertifikasi tanah ini bisa dipercepat. Misalnya, dengan mempercepat penerbitan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat melalui Program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

 Baca juga: Dokumen Rusak Terkena Banjir Bisa Direstorasikan, Ini Faktanya!

“Setelah saya perintah (penerbitan) 5 juta (sertifikat), 2017 rampung 5,4 (juta), 2018 7 juta saya perintah, rampung juga, malah melebih 9 juta, 2019 9 juta rampung,” ucapnya.

Dengan adanya percepatan penerbitan sertifikat ini, diyakini Presiden, sengketa lahan dan lahan yang kerap terjadi di masyarakat akan menjadi berkurang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini