nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investment Grade dari Moody's Bukti Optimisme Ekonomi RI

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 06:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 11 20 2166873 investment-grade-ri-dari-moody-s-bukti-optimisme-ekonomi-ri-h6JLsu1USI.jpg Bank Indonesia (Okezone)

JAKARTA – Indonesia berhasil mempertahankan peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level Baa2/outlook stabil (Investment Grade). Status itu diraih Indonesia karena pertumbuhan ekonomi yang kuat, stabil, dan rendahnya beban utang Pemerintah, demikian pertimbangan pemeringkat Moody’s Investor Service (Moody’s).

Walau berhasil mempertahankan status Investment grade, Moody’s memaparkan tantangan berupa penerimaan pemerintah yang rendah, ketergantungan pada pendanaan eksternal, dan kerentan struktur ekonomi kepada siklus komoditas menjadi hal-hal yang harus diwaspadai.

“Ke depan, Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif,” ungkap Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo seraya menanggapi optimisme internasional terhadap ekonomi Indonesia, dilansir melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Menurut Moody’s, walau perekonomian dunia masih dalam tahap rendah, Indonesia mampu terus melampaui sebagian besar negara pada peringkat Baa. Pasalnya reformasi yang berfokus pada pembangunan infrastruktur, terutama konektivitas transportasi, dan deregulasi kebijakan ini mampu mengatasi sejumlah tantangan perekonomian yang datang ke Indonesia.

Sebagai informasi, tadinya ranking Indonesia adalah Baa3 outlook positif (Investment Grade) pada 13 April 2018. Kemudian naik menjadi Baa2 outlook stabil.

Baca Selengkapnya: Moody's Pertahankan Status Investment Grade, Gubernur BI: Bukti Optimisme terhadap RI

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini