nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Andalan Ekspor, Kapulaga RI Diminati India hingga Mesir

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 14:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 11 320 2166726 jadi-andalan-ekspor-kapulaga-ri-diminati-india-hingga-mesir-Uqsx7nei9y.png Kapulaga (Foto: Instagram Kemendag)

JAKARTA – Indonesia merupakan negara yang kaya rempah-rempah. Oleh karena itu pada zaman dahulu, Indonesia menjadi incaran bangsa Eropa karena kekayaan bumbu masakannya.

Tak terkecuali kapulaga. Kapulaga merupakan bumbu yang dipakai saat membuat makanan berkari. Selain memiliki aroma harum yang kuat, kapulaga juga berfungsi menghilangkan bau tidak sedap dari bahan daging yang digunakan atau dimasak dalam kari. Ternyata bumbu khas Indonesia ini merupakan salah satu komoditas ekspor loh!

“Nilai ekspor kapulaga memiliki tren positif pada tahun 2013 hingga 2018 ke Latvia, Uni Emirat Arab (UEA), Taiwan, Mesir, dan Brasil,” ungkap Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui akun Instagram resminya @kemendag, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca Juga: RI Siap Tingkatkan Ekspor Rempah-Rempah ke Belanda

Kapulaga juga menyumbangkan nilai ekspor yang tidak sedikit di negara Vietnam dan India selama tahun 2019. “Dilihat dari nilai transaksi ekspor kapulaga di selama tahun 2019, tercatat Vietnam dan India sebagai negara pengimpor dengan total nilai transaksi mencapai USD30,6 juta dan USD29,7 juta,” lanjut Kementerian yang dipimpin oleh Agus Suparmanto ini.

Jika dihitung ke rupiah nilai transaksi ekspor kapulaga di Vietnam mencapai Rp418 miliar (kurs Rp13.685/USD) dan untuk India sebesar Rp406 miliar. Jika ditotal, Vietnam dan India mengekspor kapulaga dari Indonesia senilai Rp824 miliar.

Baca Juga: RI Siap Ekspor 110 Ton Kunyit ke India

“Kita patut bangga dengan potensi ekspor ini, ya, Kawaniaga,” tutup Kemendag.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini