nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Kabar Insentif untuk 3 Lokasi Wisata yang Terdampak Virus Corona? Ini Kata Menhub

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 11 320 2166857 apa-kabar-insentif-untuk-3-lokasi-wisata-yang-terdampak-virus-corona-ini-kata-menhub-R59OGh85eG.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan insentif khusus guna mendorong pertumbuhan pariwisata utamanya di tiga lokasi, Bali, Bintan dan Batam. Ketiga tempat wisata ini terancam karena jumlah kunjungan turis dari China turun drastis pasca menyebarnya virus corona.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, konsep pemberian insentif untuk lokasi wisata belum ada keputusan akan diberikan kepada penerbangan ataukah hotel-hotel di lokasi wisawat tersebut.

Baca Juga: 30% Keuntungan Pengusaha Pariwisata Hilang Akibat Virus Corona

"Jadi gini, kalau kita punya perusahaan juga ngitung. Harga pokoknya berapa, berapa harga yang memang masih masuk (meski diberi subsidi). Sejauh harga itu, mereka akan turun. Akan rugi sedikit mereka akan turun. Cross subsidi. Tapi kan kalau ada insentif lebih bagus lagi. (Insentif) Belum ada satu keputusan," ujar Budi, usai rapat kabinet di Istana Bogor, Selasa (11/2/2020).

Namun demikian, Budi mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada maskapai penerbangan untuk menyiapkan harga khusus pada tiga lokasi wisata yang dampaknya paling besar karena virus corona. Ketiganya yakni, Bali, Batam dan Bintan.

"Tiga itu sudah ngomong kasih harga khusus, kasih program khusus di sana," tuturnya.

Baca Juga: Menteri Basuki Siapkan Jalur Logistik ke Pelabuhan Peti Kemas Wae Klambu Labuan Bajo

Menurutnya, karena belum diputuskan soal, ada konsep supaya insentif bisa berjalan maksimal. Dirinya mengusulkan supaya insentif diberikan pada konsep paket wisata yang dilakukan antara maskapai dengan hotel.

"Salah satu ide saya itu bundling, antara penerbangan dengan hotel. Di situ kasih insentif apa saya nggak tahu. Karena kalau tiga tempat ini ancaman hotel tutup, orang-orang tidak bisa berkerja. Nah ini yang mesti bantu," tuturnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini