Panggil Direksi Angkasa Pura, Erick Thohir Ingin Minta Kejelasan Dominasi UMKM di Bandara

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 20 2167455 panggil-direksi-angkasa-pura-erick-thohir-ingin-minta-kejelasan-dominasi-umkm-di-bandara-85y4CztuQp.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan memanggil jajaran direksi dari Angkasa Pura I dan II ke Kementerian BUMN. Pemanggilan itu untuk meminta penjelasan mengenai jumlah brand lokal dan luar negeri yang berada di Bandara.

Menurut dia pihaknya ingin membantu peningkatan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Salah satunya, yakni dengan menyediakan lebih banyak gerai UMKM di lokasi strategis, seperti Bandara.

 Baca juga; AP II Tunggu Proposal Pengembangan Bandara Kualanamu dari Calon Mitra

"Saya minta Minggu depan Angkasa Pura presentasi ke saya, mengenai bisnis retail. Jadi mana brand luar negeri, mana brand lokal. Dan mana yang dimiliki konglomerat mana UMKM," ujar dia di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Dia menjelaskan tidak ada salahnya ritel di Angkasa Pura diisi oleh 70% produk lokal dan UMKM. Tapi ada kekhawatiran lain yang dimilikinya, yaitu terkait kepemilikan franchise yang didominasi oleh konglomerat.

 Baca juga: Marak Virus Korona, AP II-Kantor Kesehatan Pelabuhan Intensifkan Koordinasi

"Boleh dong di Angkasa Pura 70% lokal, tapi juga tricky, franchisenya produk lokal atau asing dimiliki konglomerat. Saya minta di-breakdown mana UMKM-nya," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini