IA-CEPA Berpotensi Tingkatkan Ekspor Tekstil hingga Furnitur ke Australia

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 320 2167203 ia-cepa-berpotensi-tingkatkan-ekspor-tekstil-hingga-furnitur-ke-australia-tAsZ40FKyQ.jpeg Kerjasama Perdagangan. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA – Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) diteken. Terjalinnya kerja sama Indonesia-Australia ini bisa memicu peningkatan ekspor beberapa produk Indonesia.

Ada beberapa produk Indonesia yang memiliki potensi yaitu tekstil dan produk tekstil, karpet/permadani, furnitur dari kayu, produk otomotif serta spare part-nya, ethylene glycol, lembaran polymer ethylene, pipa penyaluran untuk migas, serta herbisida dan pestisida.

Baca Juga: Presiden Jokowi: IA-CEPA Bawa Keuntungan bagi Rakyat Indonesia dan Australia

“Selesainya ratifikasi antara kedua negara menjadi tanda penguatan hubungan bilateral antara Indonesia-Australia. Dalam 5 tahun ke depan, kedua negara akan menyepakati peta jalan yang jelas, khususnya dalam bidang perdagangan,” ungkap Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui akun Instagram resminya, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Tidak hanya itu, Australia juga akan mengeliminasi 6.474 pos tarif atas produk Indonesia saat implementasi IA-CEPA sehingga tidak ada lagi hambatan perdagangan ekspor Indonesia di Pasar Australia. Adapun Indonesia juga akan mengeliminasi 94,5% pos tarif atau sebanyak 10.229 pos tarif.

Baca Juga: Kerja Sama RI-Australia di Sektor Transportasi, Netizen Malah Tanya Mudik Gratis

Selain itu untuk tarif preferensi produk Indonesia ke Australia menjadi 0%.

“Bravo! Sukses untuk kedua negara dalam mengimplementasikan IA-CEPA,” lanjut Kemendag.

Sebelumnya, implementasi IA-CEPA juga membahas sektor transportasi. "Hal-hal yang dibahas dalam MoU ini terkait dengan transportasi di wilayah Australia termasuk prioritas strategis dan analisa ancaman serta risiko untuk Indonesia dan Australia,” tulis Kemenhub melalui akun Instagram resminya @kemenhub151.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini