nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Sekat Pemisah Antar Ruangan untuk Jaga Privasi di Rumah

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 16 470 2169317 pentingnya-sekat-pemisah-antar-ruangan-untuk-jaga-privasi-di-rumah-SaxVuBWaOR.jpg Ilustrasi Rumah

JAKARTA - Dalam sebuah rumah diperlukan sekat-sekat pemisah untuk masing-masing ruangan dari mulai ruang tamu, ruang keluarg dan ruang makan. Hal ini dilakukan agar privasi dalam melakukan aktivitas di ruang keluarg dan ruang makan bisa tetap terjaga

Mengutip dari buku 'Rancang Sendiri Rumah Anda: Siapapun Bisa Merancang Denah Rumah karya Sakti Pinandito, Fenty Arifianti, & Choirul Amin, Minggu (16/2/2020), Ruang makan dan dapur menjadi satu berguna menunjang efisiensi dan kepraktisan penghuni rumah. Dapur dan ruang makan sekaligus difungsikan sebagai akses ke halaman belakang rumah.

Baca Juga: Jadi Gedung Kosong, Bagaimana Nasib Wisma Atlet Kemayoran?

Letak kamar mandi yang cukup jauh dari dapur dan ruang makan, tetapi tetap dekat dengan kamar tidur dan ruang keluarga menjadi keunggulan. Kenyaman aktivitas penghuni rumah di ruang makan dan dapur tidak terganggu oleh keberadaan kamar mandi, tetapi mudah diakses dari kamar tidur dan ruang keluarga.

Akses masuk ke dalam rumah tidak hanya melalui ruang ramu, tetapi dapat juga melalui carport yang langsung menuju ke ruang keluarga. Ini dimaksudkan agar penghuni dapat tetap leluasa melakukan aktivitas keluar masuk rumah walaupun ada tamu di ruang tamu.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Investor Asal Hong Kong Beli Rumah Mewah di London Seharga Rp3,58 Triliun

Dengan luas lahan yang cukup terbatas, rumah ini masih memiliki halaman belakang yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi udara bersih di dalam rumah dan menciptakan kesan asri pada rumah berukuran mungil.

Pemanfaatan kamar mandi yang kecil misalnya dengan penggunaan shower adalah trik cerdas penataan rumah mungil.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini