Bambu hingga Kayu Bekas Jadi Solusi Bangun Rumah dengan Biaya Murah

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 470 2170823 bambu-hingga-kayu-bekas-jadi-solusi-bangun-rumah-dengan-biaya-murah-Z2YhgVSakh.jpg Tips Membangun Rumah dengan Biaya Murah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bagi kamu yang ingin membangun rumah tapi dana terbatas, caranya bisa dengan mengurangi biaya pembangun dengan menggunakan bahan bangunan sederhana tapi bermutu.

Beberapa alternatif material lokal yang bisa kita pakai di antaranya bambu. Di Indonesia, bambu merupakan material yang cukup murah karena tumbuh dengan subur dan bisa cepat dipanen.

Baca Juga: Maskimalkan Fungsi Ruang Bawah Tangga, Begini Caranya

Namun bambu harus diberi trearment khusus jika akan digunakan sebagai struktur bangunan. Demikian dikutip dari Rumah Murah Seri Rumah Ide, karya Imelda Akmal, Architectural Writer Studio, Sabtu (22/2/2020).

Selain bambu, alternatif lokal yang bisa digunakan untuk menghemat biaya pembangunan adalah batu bata. Untuk bahan yang satu ini, Anda memakai batu bata dari produsen setempat.

Baca Juga: Bikin Desain Teras Mengumpat, Simak Caranya di Sini

Selain menghemat biaya, risiko rusak selama perjalanan juga berkurang. Perhatikan kualitas batu bata jika akan diekspos. Cari barang KW 1 atau 2 untuk menghindari bata hancur selama perjalanan karena mutu jelek.

Sekarang ini, ada alternatif batu bara yaitu batu bata lempung yang terbuat dari tanah liat. Dengan karakter bahan yang lebih liat, batu bata lempung lebih tahan lama dan tidak mudah retak.

Kelebihan lainnya tahan air dan lebih kedap suara. Di pasaran, harga batu bata lempung di bawah harga batu biasanya. Namun, material hanya tersedia di beberapa daerah tertentu.

Kemudian kayu. Untuk mendapatkan kayu dengan harga murah, coba berburu ke pasar material bekas untuk mendapatkan kayu bongkaran rumah lama. Selain harganya miring, kondisi kayu sudah kering sehingga tidak akan mengalami muai susut lagi

Terkahir adalah penggunaan kayu kelapa. Salah satu alternatif kayu yang berasal dari batang kelapa. harga Kayu kelapa relatif lebih murah karena bhan yang tersedia cukup banyak dan belum begitu populer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini