nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Promosi dan Insentif, Cara Jokowi Tingkatkan Kunjungan Turis ke RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 15:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 320 2173879 promosi-dan-insentif-cara-jokowi-tingkatkan-kunjungan-turis-ke-ri-KNkVqxzV4D.jpg Kunjungan Wisman ke Indonesia Turun Akibat Virus Korona. (Foto: Okezone.com/Traveller)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan insentif fiskal untuk mengantisipasi dampak virus korona bagi perekonomian Indonesia. Sebab, wabah Covid-19 ini sudah berdampak pada jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang turun.

Menurut Jokowi, ada tiga daerah yang paling kena dampak atas wabah virus korona. Ketiganya, Bali, Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga: Antisipasi Virus Korona, Presiden Jokowi Apresiasikan BI Turunkan Suku Bunga

"Kita akan memutuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dalam mendorong ekonomi kita baik dari sisi konsumsi baik dari sisi investasi dan dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata terutama di Bali, Sulut dan Kepri. Di mana daerah destinasi wisata ini yang paling banyak dikunjungi turis-turis dari RRT," ujarnya dalam rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Baca Juga: Menteri Suharso Ingin Pariwisata Berkontribusi Besar ke Ekonomi RI

Untuk mendongkrak jumlah wisatawan tersebut, cara memaksimalkannya dengan kegiatan-kegiatan konferensi di dalam negeri. Sehingga jumlah wisman yang turun bisa tertutup oleh wisatawan lokal.

"Saya juga minta agar memaksimalkan kegiatan konferensi dalam negeri di daerah tersebut," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, promosi juga harus terus ditingkatkan agar wisman mancanegara bisa tertarik menuju Indonesia. Apalagi penerbangan menuju Jepang, Korea Selatan, Singpura hingga China mulai ditutup menyusul adanya wabah virus korona

"Serta ditingkatkan promosi yang menyasar ke pasar wisatawan mancanegara yang sedang mencari alternatif destinasi wisata karena batal mengunjungi RRT, Korea dan Jepang," kata Jokowi.

Jokowi meminta kepada seluruh instansi untuk terus melakukan koordinasi dalam memberikan insentif. Bahkan Jokowi meminta agar antar Kementerian saling memberikan dukungan.

"Dan saya minta agar insentif dan upaya mendorong ekonomi dilakukan secara bersamaan dan saling dukung mendukung," ucapnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini