Difinalisasi Jokowi, Siapa yang Jadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru?

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 470 2174451 difinalisasi-jokowi-siapa-yang-jadi-kepala-badan-otorita-ibu-kota-baru-uU6PsEluSu.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang memfinalisasi figur yang akan menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan disampaikan oleh sampaikan pada acara dialog merajut konektivitas ibu kota negara di Hotel Sultan Jakarta.

"Mungkin Presiden Jokowi sekarang lagi memfinalisasi siapa Menteri/Kepala Otorita Ibu Kota," ujar dia, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Indonesia Diperhatikan Dunia

Menurut dia, Badan Otorita yang mengawal pemindahan ibu kota negara (IKN) bakal dipimpin oleh pejabat setingkat menteri. Di mana peraturan presiden (perpres) yang menjadi payung hukum pembentukan lembaga tersebut sedang digodok.

"Badan Otorita ini setingkat menteri. Dan (Nomenklaturnya) Menteri/Kepala Otorita ibu Kota Indonesia," ungkap dia.

Baca Juga: Ibu Kota Baru Bakal Punya 3 Bandara Internasional

Sebelumnya, guna memenuhi harapan agar pemindahan ibu kota negara tidak sekadar sebagai perpindahan kantor pemerintahan, tetapi ada sebuah transformasi, akan dibentuk Badan Otoritas Pembangunan Ibu kota Baru. Badan ini setingkat menteri.

“Itu akan segera di Perpres (Peraturan Presiden)-kan, karena proses di tingkat antar kementerian sudah selesai,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasioal (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini