nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Cek Budget Sebelum Ajukan Kredit Mobil

Irene, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 12:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 29 320 2176109 pentingnya-cek-budget-sebelum-ajukan-kredit-mobil-A4ZtPcRntk.jpg Uang Rupiah. Foto: Okezone

JAKARTA - Salah satu resolusi ketika memasuki awal tahun, ingin memiliki mobil pribadi. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup dibayar, patokannya adalah jumlah kredit mobil masuk ke dalam batasan penggunaan utang.

Mengutip buku 'Successful Financial Planner' karya Prof. Dr. Adler H. Manurung, R.F.C dan Lutfi T. Rizky, S.E., M.M., R.F.A. , Batasan penggunaan utang yang boleh diambil adalah 30% dari penghasilan per bulan. Dengan kata lain, cicilan kredit mobil setiap bulannya merupakan bagian dari seluruh utang yang jumlah tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan kamu.

Baca Juga: Punya Gaji Besar tapi Cepat Habis, Ini Penyebabnya

Untuk mengajukan kredit mobil umumnya kamu perlu melengkapi data diri seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi akte nikah untuk yang sudah menikah, fotokopi slip gaji dan Surat Keterangan Bekerja bagi karyawan, fotokopi Buku Tabungan minimal 3 bulan terakhir, dan fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang/Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT/PBB).

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil secara kredit, antara lain budget, jangan tergiur dengan mobil mewah karena biaya perawatannya juga besar. Tipe mobil kebutuhan bahan bakar boros atau tidak.

Baca Juga: Pengusaha Pemula Selalu Kena Masalah Keuangan, Kenapa?

Pilihlah warna yang sesuai agar tidak rugi di masa depan. Rata-rata harga mobil di pasaran yang kamu inginkan. Carilah mobil yang populer dan diminati, spareparts dan fasilitas servis lengkap dan mudah. Untuk menjamin harga jual kembali yang tinggi.

Tawar dan tawar lagi. Semua barang dapat ditawar. Cari informasi besar bunga perusahaan-perusahaan pembiayaan (leasing).

Kalkulasi kesiapan dana. Misalnya kamu ingin membeli mobil seharga 80 juta dengan perincian sebagai berikut :

Harga Rp80 juta

DP Rp24 juta (30% dari harga)

Utang Rp56 juta (70% sisa yang harus dicicil)

Bunga 15%

Jangka waktu 3 tahun

Total Utang Rp85.169.000

Cicilan Bulanan Rp2.365.805

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini