Anggaran Rp6,3 Triliun Percantik 5 Kawasan Strategis Pariwisata

Irene, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 320 2176712 anggaran-rp6-3-triliun-percantik-5-kawasan-strategis-pariwisata-xSJwQon44u.jpeg Wisata di Labuan Bajo. (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp6,39 triliun untuk membangun infrastruktur PUPR di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas. Di antaranya Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang.

Dari anggaran sebesar Rp6,39 triliun, terdiri dari KSPN Danau Toba sebesar Rp2,31 triliun, KSPN Borobudur sebesar Rp1,35 triliun, KSPN Mandalika sebesar Rp903,4 miliar, KSPN Labuan Bajo sebesar Rp1,31 triliun dan KSPN Manado Bitung Likupang sebesar Rp520,1 miliar. Ditargetkan seluruh proyeknya selesai pada akhir 2020.

Baca Juga: Daftar Proyek Infrastruktur di Labuan Bajo Rp1,31 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Hal pertama yang harus diperbaiki untuk kawasan pariwisata adalah infrastrukturnya. Selanjutnya amenities dan event, dan kemudian dilakukan promosi secara besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan akan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata Menteri Basuki, dalam keterangannya, Senin (2/3/2020).

Baca Juga: Pariwisata RI Terdampak Virus Korona, Pengusaha Kehilangan Keuntungan 30%

Sementara itu, dalam mendukung KSPN Labuan Bajo, dialokasikan dana Rp1,31 triliun. Dengan dana tersebut, Kementerian PUPR akan membangun infrastruktur untuk KSPN Labuan Bajo meliputi bidang sumber daya air sebesar Rp67,7 miliar antara lain untuk pembangunan sarpras pengaman Pantai Lohbuaya Pulau Rinca.

Kemudian bidang jalan dan jembatan sebesar Rp420,1 miliar di antaranya peningkatan jalan Kawasan Pariwisata Waecicu sepanjang dan pembangunan jalan akses pelabuhan, bidang permukiman sebesar Rp646,3 miliar untuk penataan Kawasan Pantai Marina - Bukit Pramuka dan penataan Kawasan Puncak Waringin.

Bidang perumahan sebesar Rp174,5 miliar untuk pembangunan baru rumah swadaya pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 315 unit.

Untuk dukungan konektivitas pada KSPN Labuan Bajo, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Ditjen Bina Marga telah memulainya dengan penandatanganan 5 paket pekerjaan yang meliputi empat paket Peningkatan Jalan dan Penataan Trotoar serta Drainase di KSPN Premium Labuan Bajo di Jalan Soekarno-Hatta Atas sepanjang 9,97 kilometer dengan anggaran Rp55,8 miliar.

Kemudian Jalan Soekarno-Hatta Bawah sepanjang 10,05 kilometer dengan anggaran Rp41,6 miliar, Jalan Simpang Pede sepanjang 20,03 kilometer dengan anggaran sebesar Rp 84 miliar, Jalan Yohanes Sahadun sepanjang 20,23 kilometer dengan anggaran Rp 46m7 miliar, serta satu paket Peningkatan Jalan Kawasan Pariwisata Waecicu sepanjang 4 kilometer, dengan anggaran Rp 21,7 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini