Ada Pengusaha yang Mainkan Harga Masker? Lapor ke KPPU

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 320 2177715 ada-pengusaha-yang-mainkan-harga-masker-lapor-ke-kppu-zWhR3nk1ng.jpg Waspada Virus Korona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), meminta kepada semua pihak agar bisa melapor apabila ada pengusaha yang melakukan pelanggaran persaingan usaha terkait kelangkaan atau kenaikan harga masker.

"Masyarakat bisa lapor aja ke kita (KPPU). Kemudian apakah ditemukan harga yang tinggi di online dan itu memang terbukti baru," ujar Direktur Ekonomi KPPU Zulfirmansyah di Kantor KPPU Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Mahfud MD Minta Masyarakat Tak Panic Buying, Stok Sembako Cukup

Menurut dia, masyarakat bisa melapor kepada KPPU melalui berbagai cara. Seperti bisa melalui online, email bahkan bisa langsung datang ke Kantor KPPU.

"Dan kami (KPPU), akan menindak badan usaha yang melakukan kecurangan terkait kelangkaan masker. Tapi untuk usaha kecil dikecualikan," tuturnya.

KPPU menyebut saat ini kelangkaan masker terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Hal itu disampaikan KPPU setelah melakukan studi terkait kelangkaan masker.

Baca Juga: Panic Buying, Mendag Imbau Belanja Sesuai Kebutuhan

"Di Jabodetabek memang ada kelangkaan. Tapi di pasar swalayan masih jual dengan harga normal yakni Rp9.500 pcs, namun cepat habis," ujar dia.

Seperti diketahui, setelah keluarnya pernyataan resmi terkait dua warga Indonesia positif terjangkit virus korona (Covid-19), pasokan masker di pasaran menjadi langka. Bahkan, kelangkaan tersebut membuat sejumlah oknum menaikkan harga secara tidak wajar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini