Share

Melambat, Ekonomi Brasil Hanya Tumbuh 1,1% pada 2019

Kamis 05 Maret 2020 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 20 2178697 melambat-ekonomi-brasil-hanya-tumbuh-1-1-pada-2019-3XpmNmcobK.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Menurut data resmi yang dirilis, perekonomian Brasil melambat pada tahun pertama Presiden Jair Bolsonaro menjabat. Berita itu mengecewakan bagi pasar yang bertaruh pada pemimpin sayap kanan itu untuk menjadi penggerak ekonomi.

Melansir VOA Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2020), prospek ekonomi terbesar Amerika Latin itu tidak jauh lebih baik tahun ini, mengingat dampak negatif dari virus corona baru, para analis memperingatkan.

Baca Juga: Parahnya Ekonomi dan Korupsi Brasil

Data dari Lembaga Statistik Nasional (IBGE) menunjukkan perekonomian Brasil tumbuh menjadi 1,1% pada 2019, turun dari 1,3% di masing-masing dua tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi untuk kuartal keempat akhir tahun lalu 0,5%.

Baca Juga: Cerita Sukses Brasil Pindahkan Ibu Kota

Bolsonaro, yang dijuluki "Trump daerah Tropis," mulai menjabat 1 Januari 2019, setelah menang mengejutkan pada pemilihan di Brasil yang dipicu oleh skandal korupsi dan keluar dari resesi yang brutal.

Mantan kapten angkatan darat itu dalam kampanye kepresidenannya, berjanji untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Bolsonaro mendapat dukungan dari sektor bisnis, meskipun dia mengakui secara terbuka bahwa dia tidak tahu banyak tentang ekonomi.

Dengan memberikan kekuasaan besar kepada menteri ekonominya yang terlatih di Universitas Chicago, Paulo Guedes, ia mulai menerapkan agenda besar reformasi pro-pasar, penghematan dan privatisasi, termasuk reformasi pensiun yang sudah lama ditunggu dan disahkan parlemen Oktober lalu.

Ketika Bolsonaro mulai menjabat, analis memperkirakan pertumbuhan ekonomi Brasil bisa mencapai sekitar 2,5% pada 2019 lalu, tapi perkiraan itu ternyata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini