Tak Terpengaruh Corona, Penerbangan dari Adisutjipto Pindah ke YIA Mulai 29 Maret

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 320 2185882 tak-terpengaruh-corona-penerbangan-dari-adisutjipto-pindah-ke-yia-mulai-29-maret-j1GL3K9GHg.jpg Pesawat (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

KULONPROGO – Pemindahan penerbangan dari bandara Adisutjipto, Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kabupaten Kulonprogo tetap akan dilaksanakan pada 29 Maret 2020. Setidaknya ada 192 penerbangan yang dipindah, termasuk penerbangan internasional.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, selama tiga hari ini, Direktorat Bandar Udara melakukan verifikasi di bandara YIA. Khususnya verifikasi terkait rute penerbangan internasional, di terminal. Sedangkan untuk rute domestic sudah tidak ada masalah, karena sudah berjalana sejak bulan Mei 2019. Begitu juga dengan airside juga sudah tidak ada masalah.

“Pemindahan tetap tanggal 29. Tinggal menunggu verifikasi dari Dirjen Penerbangan Udara,” jelas Pandu, Kamis (19/3/2020).

Pandu memastikan semua maskapai dan stakeholder sudah siap untuk melakukan pemindahan. Mereka telah melakukan koordinasi dan siap full beroperasi pada 29 Maret. Setidaknya ada 192 pergerakan pesawat yang dipindah dari Adisutjipto ke YIA. Yang masih dilayani di Adisutjipto tinggal penerbangan pesawat ATR dan propeller saja.

“Jadi 28 malam sudah ada pesawat yang menginap di YIA agar esok harinya sudah melakukan penerbangan pagi,” jelasnya.

Pemindahan pemindahan ini tidak akan terpengaruh dengan pandemic corona. Hanya dalam pemindahan tidak ada acara seremonial, dan layaknya penerbangan biasa saja.

Untuk mencegah penyebaran corona, semua penumpang dan karyawan yang masuk dan tiba akan diperiksa dengan body thermal scanner dan juga thermogun infrared. Begitu ada yang suhunya diatas normal akan langsung ditangani sesuai dengan mekanisme protokoler.

“Kita akan libatkan Avsec untuk melakukan pemeriksaan,” jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini