Ada KA Bandara, Yogyakarta ke Bandara YIA Hanya 40 Menit

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 320 2462305 ada-ka-bandara-yogyakarta-ke-bandara-yia-hanya-40-menit-xieHaRju97.jpg Softlauncing KA Bandara Internasional Yogyakarta. (Foto: Okezone.com/BKIP Kemenkub)

YOGYAKARTA - Kementerian Perhubungan melakukan Soft Launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) hari ini. Peluncuran diresmikan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B.Panjaitan dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubwono dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan KA Bandara YIA ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya tetap dilanjutkan di tengah pandemi.

Baca Juga: Naik KA Bandara YIA, Menko Luhut: Indah dan Nyaman

“Sesuai Visi Misi Presiden yang harus kita laksanakan bahwa di masa pandemi ini kita tetap bergerak menyelesaikan pembangunan infrastruktur transportasi,” kata Budi, Jumat (27/8/2021).

Budi mengatakan, kehadiran KA Bandara YIA akan mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA menjadi hanya 40 menit.

“Setelah dilakukan soft opening akan segera dilanjutkan dengan pengoperasian secara komersial dan akan disiapkan tarif promosi bagi pengguna jasa KA Bandara YIA,” ujarnya.

Baca Juga: Menko Luhut Tinjau Program Vaksin dan KA Bandara di Yogyakarta

Sementara itu, Pada kesempatan yang sama Gubernur DIY Hamengkubuwono X menuturkan, kehadiran KA Bandara YIA ini akan menjadi transportasi kebanggaan masyarakat Yogyakarta.

“Kami berharap pandemi segera berakhir agar keberadaan Bandara dan KA Bandara YIA ini dapat segera melayani penerbangan internasional dan dapat menjadi salah satu moda transportasi pilihan para wisatawan baik domestik maupun asing, untuk menikmati kota Yogyakarta yang merupakan kota budaya dan pariwisata,” papar Sri Sultan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri soft launching dari Kereta Bandara di Yogyakarta.

“Saya menitipkan satu tugas kepada pengelola agar integrasi layanan secara digital baik pembayaran maupun data penumpang harus dilakukan dalam satu aplikasi sehingga memberikan kemudahan masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” kata Luhut melalui akun Instagramnya.

Baca Juga: AP Cari Investor Kembangkan Airport City di Bandara YIA

Luhut pun membagikan pengalamannya setelah merasakan perjalanan uji coba KA Bandara. “Perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih 40 menit ini memberikan pengalaman baru, keindahan alam sekaligus kenyamanan para penumpangnya tanpa terkecuali saya pribadi,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini