nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Corona, Jokowi Tambah Kartu Sembako Murah Jadi Rp200.000

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 15:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188320 virus-corona-jokowi-tambah-kartu-sembako-murah-jadi-rp200-000-PhtCPDVoyj.jpg Jokowi (Foto: Setneg)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menambah tunjangan kartu sembako murah sebesar Rp50.000. Dengan adanya tambahan ini, maka penerima kartu sembako akan mendapatkan manfaat sebesar Rp200.000 dari sebelumnya Rp150.000.

Untuk menambah tunjangan ini, pemerintah menyiapkan anggaran untuk bantuan sosial sebesar Rp4,5 triliun. Tambahan anggaran ini berlaku selama enam bulan ke depan.

"Sebentar lagi juga akan kita keluarkan kebijakan untuk penerima kartu sembako selama 6 bulan mendatang akan kita tambah Rp50.000. Sehingga diterima Rp200.000 per keluarga penerima manfaat. Yang kita siapkan Rp4,5 triliun," ujarnya dalam telekonferensi, Selasa (24/3/2020).

Selain itu lanjut Jokowi, pemerintah juga akan segera mempercepat penyaluran kartu pra kerja. Percepatan impelementasi kartu pra kerja ini untuk mengantisipasi para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

"Kemudian juga akan segera dimulai kartu prakerja, implementasi dari kartu prakerja, ini kita pakai untuk antisipasi para pekerja yang terkena PHK, para pekerja harian yang kehilangan penghasilan dan para pengusaha mikro yang kehilangan pasar atau kehilangan omzet," kata Jokowi.

Adapun anggaran yang disiapkan untuk pra kerja ini adalah Rp10 triliun. Dirinya berharap agar pemerintah daerah juga bisa ikut serta dalam mendukung program kartu prakerja ini.

"Alokasi anggaran yang kita siapkan adalah Rp10 triliun. Agar provinsi-provinsi bisa ikut mendukung ini, siapa yang harus diberi mulai didata dengan baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut jika apa yang dilakukan pemerintah dengan mempercepat dana bansos ini adalah untuk mengantisipasi dampak virus corona. Utamanya pada perekonomian yang saat ini sudah mulai terasa efeknya.

"Untuk mempercepat penanganan covid-19 di kesehatan, bantuan sosial dan ekonomi, kami lakukan realokasi anggaran," kata Jokowi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini