nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Corona Bikin Pusat Produksi Gula Dunia Melemah

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 15:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 25 320 2188835 virus-corona-bikin-pusat-produksi-gula-dunia-melemah-kE8UJM0IPV.jpg Stok Gula Menitipis sehingga Harganya Naik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Harga gula di dalam negeri kian mahal karena stoknya berkurang. Berkurangnnya stok karena pasokan gula dunia bermasalah karena virus corona atau Covid-19.

Indonesia yang masih mengimpor gula pun terkena imbasnya. Harga gula saat ini mencapai Rp16.000 per Kilogram (Kg), bahkan pembeliannya pun dibatasi supaya semua orang mendapatkan salah satu bahan pangan tersebut.

"Covid membuat pusat-pusat produksi gula dunia mengalami pelemahan," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto, dalam keterangannya, Rabu (25/3/2020).

Hal tersebut juga berdampak pada pengiriman impor gula ke Indonesia. Di mana pemerintah akan mendatangkan gula konsumsi sebanyak 216 ribu ton.

"Barang masuk ke sini 216 ribu ton, karena angkutan dan pergerakan di dareah asal mengalami kendala," ujarnya.

Dirinya mengakui, stok gula memang berkurang. Untuk itu, pemerintah sedang melakukan penambahan pasokan.

"Akhir bulan ini impor yang sudah kami berikan masih 216 ribu ton dari izin impor 550 ribu ton. Artinya kebutuhan nasional 1 bulan sebesar 229 ribu ton, jadi cukup unuk kebutuhan bulan Juni," ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini