nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Tebar BLT untuk Pekerja Informal, Ini Rinciannya

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 11:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 26 320 2189174 jokowi-tebar-blt-untuk-pekerja-informal-ini-rinciannya-XAsVvQp1pf.jpg Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pemerintah bakal memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pekerja informal. Kebijakan ini dilakukan untuk meresepons penyebaran virus corona atau coronavirus (Covid-19).

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono mengungkapkan bahwa pemerintah berkomitmen memperhatikan para pekerja baik informal dan formal dengan disiapkan kebijakan dalam rangka social safety net akan berikan BLT.

Menurut dia, untuk sektor formal pakai skema BP Jamsostek, seperti perlebar dana operasional sehingga bisa bantu pekerja sektor formal.

"Nah yang sering ditanyakan pekerja sektor informal harian, kartu pra kerja geser fungsi yang tadinya tingkatkan kompetensi lewat vokasi, sekarang untuk mendukung pemberian BLT. Nah kartu pra kerja sudah di-launching pekan lalu. Namun mulai menerima aplikasi online kita targetkan di 1 April 2020. Baik pekerja informal maupun masyarakat umum yang penuhi persyaratan," ujar dia pada telekonferensi di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Kemudian lanjut dia, syaratnya kartu prakerja adalah sedang tidak penuhi pendidikan formal, tidak sekolah di SMA ataupun kuliah karena desainnya untuk pekerja.

"Selain BLT, yang sering ditanyakan adalah bagi sektor informal pekerja harian terutama pengemudi transportasi online gimana realisasi kredit. Kami dengan OJK sudah bahas, terbit POJK 11, baru dari sisi pembiayaan dari perbankan," ungkao dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini