nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Larangan Mudik Tunggu Putusan Presiden, Jalan Tol Bakal Dipantau

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 29 320 2190689 larangan-mudik-tunggu-putusan-presiden-jalan-tol-bakal-dipantau-eBqsmCKEzC.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Larangan mudik Lebaran tahun ini menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diagendakan larangan mudik akan diumumkan besok, 30 Maret 2020. Hingga saat ini, pelarangan mudik Lebaran 2020 masih bersifat imbauan.

Pelarangan mudik Lebaran tahun ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di daerah. Sebab, ada temuan yang mengejutkan bahwa sudah ada masyarakat yang colong start melakukan mudik dan menyebabkan Orang Dalam Pemantaun (ODP) virus corona meningkat.

Baca Juga: Pelarangan Mudik Lebaran 2020 Tunggu Restu Jokowi dan Ada Sanksi, Ini Faktanya

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan bahwa Kemenhub telah menyiapkan peraturan teknisnya soal larangan mudik ini. Antara lain, pelarangan pergerakan kendaraan sepeda motor, mobil berpenumpang, bus umum, tidak boleh keluar dari Jakarta.

“Pelarangan ini berlaku untuk seluruh daerah tujuan termasuk tujuan Jawa Tengah, Jawa Barat, maupun Banten termasuk dari pulau Sumatera yang melintas Jakarta menuju Jawa,” kata Budi Setiyadi, dikutip Minggu (29/3/2020).

Baca Juga: Fakta Mudik Gratis Ditiadakan Demi Hadang Virus Corona, Kemenhub Minta Maaf

Tak hanya itu, daerah perbatasan akan dijaga ketat oleh Polisi, TNI dan petugas Kemenhub. Jalan Tol ke Jawa juga akan dijaga agar tidak ada kendaraan dari Jakarta mudik.

“Karantina ini juga berlaku bagi semua jalur transportasi baik darat, kereta api, udara dan laut. Kendaraan pengangkut makanan dan bbm masih boleh melintas, larangan mudik bakal didukung kampanye hastag Tidak Mudik Tidak Piknik,” katanya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini