Menhub: Pemerintah Tak Akan Larang Mudik Lebaran 2021

Felldy Utama, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 320 2378595 menhub-pemerintah-tak-akan-larang-mudik-lebaran-2021-oaVmSXq3aC.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyatakan bahwa aktivitas mudik Lebaran tahun 2021 tidak akan dilarang meskipun kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. Hal itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam forum rapat kerja (Raker) bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021).

"Dapat kami kemukakan terkait dengan mudik 2021, pada prinsipnya pemerintah melalui kementerian perhubungan tidak melarang," kata Budi dalam paparannya.

 Baca juga: Larangan Mudik Diperketat Jelang Lebaran, Apa Sanksinya?

Kendati demikian, kata dia, Kemenhub tetap akan berkoordinasi dengan gugas tugas penanganan Covid-19 untuk mengatur sebuah pengaturan terkait dengan kegiatan mudik tahun 2021 tersebut.

"Mekanisme mudik itu kita atur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan berpergian," ujarnya.

 Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Presiden Jokowi Ingin Ubah Hari Libur Nasional

"Kementerian perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik akan berjalan dengan baik," tutur dia melanjutkan.

Untuk diketahui, dalam Raker antara Menhub dan Komisi V DPR ini membahas sejumlah topik. Mulai dari membahas pelaksanaan program transportasi nasional pada saat dan pasca pandemi, hingga membahas kesiapan transportasi untuk arus mudik dan balik lebaran tahun 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini