nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gratis 3 Bulan, Penggunaan Listrik Bakal Dibatasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 16:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 01 320 2192435 gratis-3-bulan-penggunaan-listrik-bakal-dibatasi-7ueN8QeN19.jpg Listrik (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian ESDM akhirnya mengeluarkan skema penerapan listrik gratis untuk 24 juta pelanggan 450 volt ampere (va) dan diskon tarif listrik untuk 7 juta pelanggan 900 va bersubsidi selama tiga bulan.

Nantinya PT PLN (Persero) akan menjalankan skema ini karena mendapatkan kompensasi sebesar Rp3,5 triliun.

Skema pertama yakni 24 juta pelanggan 450 va pascabayar, rekening listrik gratis untuk biaya pemakaian selama tiga bulan. Sementara untuk pelanggan prabayar (token) akan diberikan token gratis untuk pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Sementara, untuk 7 juta pelanggan 900 va bersubsidi mendapatkan diskon 50% tarif listrik selama tiga bulan.

"Untuk pelanggan 450 va yang reguler (pasca bayar) itu berapapun pakainya itu ya gratis sesuai arahan Presiden. nanti orang cenderung boros, tapi kan dibatasi sekeringnya ngejpret juga. ini kita pantau profil penggunaannya seperti apa," kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam telekonferensi, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Rida menjelaskan, meski berlaku selama tiga bulan, penggratisan tarif listrik dan diskn 50% ini akan dievaluasi selama tiga bulan juga.

"Karena tidak ada yang tau kapan covid berakhir. tetapi, pemerintah siap untuk segala kondisi termasuk sekiranya diperlukan keringanan tagihan ini akan dipertimbangkan kembali mekanismenya," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini