Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Naik Dua Kali Lipat selama PSBB?

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 12 April 2020 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 320 2198020 tarif-batas-atas-tiket-pesawat-naik-dua-kali-lipat-selama-psbb-i3IH7fkuEL.jpg Bandara (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan aturan pembaruan terkait tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat. Aturan ini menyusul ditetapkannya zona pembatasan sosial berskala besar atau PSBB untuk menekan jumlah penyebaran virus Corona di beberapa daerah.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, adanya PSBB ini membuat pergerakan dan pendapatan yang didapat sangat kecil. Sehingga, pemerintah akan menyiapkan beberapa opsi untuk membantu industri penerbangan.

Baca Juga: PSBB, Tukang Ojek Bisa Angkut Penumpang asal...

"Keputusan Menteri untuk Tarif Batas Atas (TBA) dengan kenaikan. Hal ini dilakukan karena pada saat wabah ini, pergerakan mereka sangat kecil sekali," ujarnya dalam telekonferensi, Minggu (12/4/2020).

Menurut Novie, nantinya perhitungan kenaikan tiket ini adalah setiap satu penumpang akan dihitung 2. Mengingat, pemerintah juga membatasi kapasitas angkut dari pesawat hanya 50% saja.

"Hitungannya gimana, nanti penumpang yang satu ini seolah-olah jadi dua, karena batas maksimal. Dua kali lipat ditambah pajak-pajak lain," kata Novie.

Baca Juga: YLKI Minta Aturan Pengendalian Transportasi Dikaji Ulang

Rencananya perhitungan ini akan rampung dalam tiga hari ke depan. Sehingga maskapai pun bisa terbantu mengingat sejak adanya pandemi virus Corona ini, banyak maskapai yang merugi.

"Pasti diberlakukan TBA saat PSBB ini, karena kondisi darurat. 50% penumpang ini otomatis airline merugi. Perhitungannya sedang kita hitung, dalam tiga hari selesai," ucap Mantan Direktur Utama AirNav itu.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini