AS-China Berencana Membahas Perjanjian Kerjasama Lanjutan Sikapi Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 13 April 2020 07:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 13 20 2198173 as-china-berencana-membahas-perjanjian-kerjasama-lanjutan-sikapi-covid-19-KU2RYVrpA3.jpg Penanganan Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - China dan Amerika Serikat (AS) masih menerapkan perjanjian perdagangan fase pertama atau pakta perdagangan Sino-AS. Namun kedua negara akan meningkatkan kerjasama menyikapi situasi yang berubah akibat pandemi virus Corona.

Duta Besar China untuk AS Cui Tiankai mengatakan, China masih membeli produk pertanian AS dan sedang mengangkat beberapa pembatasan yang dihadapi oleh perusahaan asing memasuki pasar keuangannya.

"Kami juga berharap bahwa tim ekonomi kedua negara dapat duduk bersama atau mengadakan konferensi video untuk menilai situasi yang berubah dan mengoordinasikan respons kami," kata Cui, dilansir dari Reuters, Senin (13/4/2020).

Baca Juga: Ekonomi AS Hadapi Jalan Panjang dan Sulit dalam Pemulihan Imbas Corona

Virus corona tercatat telah menginfeksi 1,6 juta orang dan membunuh 106.000 orang di 214 negara. Di mana awalnya, virus ini diyakini berasal dari pusat kota Wuhan di China akhir tahun lalu.

Sebagai informasi, dua ekonomi terbesar dunia menandatangani perjanjian tentatif untuk menghentikan perang tarif yang merusak pada Januari, sebelum pandemi coronavirus menyebar, mengancam depresi ekonomi global.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini