Boeing Batal Beli Divisi Jet Komersial Brasil USD4,2 Miliar

Minggu 26 April 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 320 2205158 boeing-batal-beli-divisi-jet-komersial-brasil-usd4-2-miliar-bqGwvakpDv.jpeg Pesawat (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Boeing Co batal melakukan perjanjian untuk membeli divisi jet komersial Brasil, Embraer bernilai USD4,2 miliar. Pembatalan itu menggagalkan upaya transformasi bertahun-tahun yang didorong persaingan dengan Airbus Eropa.

Baca Juga: Boeing Mulai Kembali Beroperasi di Tengah Tekanan

Batalnya perjanjian itu, yang pertama kali dilaporkan Reuters, diperkirakan akan memicu sengketa hukum. Pasalnya harapan akan terbentuknya aliansi dari regional ke jet jumbo beralih menjadi perselisihan di balik layar, meski perjanjian pemasaran pesawat militer terpisah akan tetap bertahan.

"Dalam beberapa bulan belakangan, kami melakukan negosiasi yang produktif, tapi pada akhirnya tidak berhasil... Kami semua bertujuan memecahkan isu-isu sebelum tenggat awal, tapi tidak berhasil," kata Wakil Presiden Senior Boeing Marc Allen dilansir dari VOA, Minggu (26/4/2020).

 boeing

Hingga berita ini diturunkan, Embraer belum memberikan komentar.

Duopoli global, Boeing dan Airbus, terus bersaing untuk memperluas ke jet-jet regional, menambah potensi pendapatan baru serta sumber daya atau teknologi baru.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini